Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Selasa, 23 Jun 2015 - 13:37:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi IX: Tenaga Kerja dari Luar Negeri Harus Bisa Bahasa Indonesia

91Dede Yusuf_indra2.JPG
Dede Yusuf (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN‎) - Ketua Komisi IX DPR Dede Macan Yusuf mengaku khawatir banyaknya tenaga kerja dari luar negeri akan menciptakan dampak sosial yang kurang baik di Indonesia.

Karena itu, ia meminta pemerintah harus tegas memberlakukan syarat bagi tenaga kerja luar negeri yang mencari pekerjaan di Indonesia.

Dede menyebutkan salah satu yang harus ditekankan bagi tenaga kerja luar negeri di Indonesia harus mampu menguasai bahasa nasional.

"Harus mampu berbahasa Indonesia. Itu penting. Sementara kita yang bekerja di sana (luar negeri), dipaksa berbahasa mereka. Karena kalau tidak bisa berbahasa Indonesia akan dapat menciptakan kesenjangan sosial," kata Dede di gedung DPR, Jakarta, Selasa (23/6/2015).

‎Selain itu, politikus Partai Demokrat itu juga berharap pemerintah menerapkan prosedur akreditasi kompetensi bagi tenaga kerja dari luar negeri. Sehingga, kata Dede, pemerintah dapat mengidentifikasi tenaga kerja atau imigran yang tidak jelas identitasnya.

"Jadi persyaratan akreditasi kompetensi harus diakui," ungkapnya.

Dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, tenga kerja dari luar negeri khususnya negara-negara Asia Tenggara diperkirakan akan 'menyerbu' Indonesia untuk mencari penghidupan di tanah air.(yn)

tag: #tenaga kerja luar negeri  #komisi ix dpr  #mea 2015  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Gerindra Sebut Ucapan Luhut Sebagai Masukan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 03 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Harian Gerindra Dasco menilai pesan Luhut sebagai saran untuk Prabowo. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpesan kepada ...
Berita

Penumpang Mengamuk, Oknum Tiket Garuda Diduga Ganti Seat Penumpang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Buntut dari dibatalkannya penerbangan jadwal penerbangan para penumpang secara sepihak oleh Maskapai Garuda membuat seorang pria mengamuk di kantor Garuda ruangan tiket ...