Oleh Bachtiar pada hari Rabu, 07 Jun 2023 - 13:03:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Nama AHY Masuk Sebagai Pendamping Ganjar, Uchok Sky: Ada Pergeseran Paradigma di PDIP, dari Konservatif ke Moderat

tscom_news_photo_1686117806.jpg
Uchok Sky Khadafi Direktur Eksekutif CBA (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemerhati Sosial Politik, Uchok Sky Khadafi menilai, masuknya nama AHY dalam bursa capres pendamping Ganjar Pranowo menandakan adanya pergeseran cara pandang di internal PDIP.

Uchok mengatakan, di tengah era perubahan zaman seperti saat ini, PDIP semakin menyadari bahwa bertransformasi dan menawarkan tradisi baru dalam dunia politik adalah satu keniscayaan yang tak bisa diabaikan.

"Puan Maharani sebagai representasi generasi baru di PDIP mencoba menawarkan gagasan politik yang lebih moderat. Puan sebagai lokomotif generasi muda di PDIP mencoba merumuskan ulang nilai-nilai partai. Masuknya nama AHY mencerminkan bahwa PDIP tak bisa mempertahankan gaya politik usang yang selalu menonjolkan ketegangan," ucapnya, Rabu (07/06/2023).

Uchok menambahkan, berbeda dengan ibunya atau ketumnya yang masih memegang prinsip politik konservatif, Puan Maharani justru membawa paradigma baru dalam tubuh PDIP.

"Puan mencoba menghadirkan nuansa politik yang lebih moderat dengan menjadikan kompetitor politiknya sebagai kawan dialog dalam membangun peradaban demokrasi. Jadi ini ada semacam pergeseran paradigma dari konservatif ke moderat. Itu lumrah sebagai bagian dari sebuah perjalanan evolusi," kata Aktivis 98 itu.

Yang jelas, kata dia, masuknya nama AHY dalam bursa cawapres PDIP mengindikasikan bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu ingin menghadirkan dialog peradaban yang jauh lebih soft.

"Berbeda dengan PDIP sebelumnya yang selalu menonjolkan wajah politik penuh ketegangan berbungkus perbedaan ideologi ketika berhadapan dengan lawan-lawan politiknya. Puan seperti ingin membuka tabir di PDIP bahwa politik mesti di isi dialektika yang lebih konstruktif bukan dengan jalan ketegangan," paparnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...