Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 09 Okt 2023 - 15:41:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Gelar Seminar, Lasmi Berikan Tips Untuk Menyiasati Kenaikan Harga Sembako

tscom_news_photo_1696840875.jpg
Lasmi Indaryani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Lasmi Indaryani menggelar Seminar Meal Planner di Kantor DPC Partai Demokrat Banjarnegara pada Minggu ( 8/10/2023).

Pada seminar ini, Lasmi berbagi tips untuk menyiasati kenaikan harga sembako tanpa mengurangi asupan gizi keluarga. Salah satunnya adalah dengan menerapkan meal planning.

Dikatakan, meal planning merupakan perencanaan menu makan keluarga dalam jangka waktu tertentu. Biasannya sepekan. Mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, hingga kudapan.

Menurut Lasmi, perencanaan menu makanan seperti ini cukup membantu mengerem pengeluaran. Dengan merencanakan akan memasak apa saja selama seminggu ke depan, anggaran belanja jadi bisa ditekan.

“Sering kita tidak sadari, pengeluaran terbesar sehari-hari yang sering tidak disadari adalah makanan,” ucap Lasmi.

Penerapan meal plan, lanjutnya, juga bisa menjaga asupan nutrisi keluarga. Meal planning akan membantu memperlihatkan bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi tertentu.

Meal planning juga dapat memotivasi untuk lebih kreatif membuat menu makanan baru dengan bereksplorasi pada menu makanan dengan bahan atau bumbu yang berbeda dan belum pernah dicoba sebelumnya,” jelasnya.

Sementara itu, narasumber Founder of Uang Planner Widya Prima menambahkan, perencanaan belanja dalam jangka waktu panjang cukup bisa jadi salah satu jalan untuk menekan pengeluaran.

“Belanja memang kebutuhan sehari-hari. Tapi ini perlu perencanaan. Jangan sampai belanja itu ‘khilaf’. Berapa pun uang yang didompet habis untuk belanja hari itu karena ingin makan makanan yang diinginkan, bukan dibutuhkan,” pesannya.

tag: #lasmi  #partai-demokrat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement