Ragam
Oleh Ilyas pada hari Minggu, 28 Jun 2015 - 06:22:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Penyakit-Penyakit yang Bisa Sembuh dengan Berpuasa

32Cara-Mengatasi-Penyakit-Maag.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Puasa merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam di bulan Ramadhan. Ini disebabkan karena puasa Ramadhan salah satu rukun Islam.

Ibadah puasa identik dengan lapar dan haus. Maklum, karena ibadah ini dilakukan dengan cara mencegah (imsak) masuknya berbagai jenis makanan, minuman, dan sebagainya ke dalam rongga manusia.

Namun ternyata, di balik rasa lapar dan dahaga orang yang berpuasa, terdapat hikmah bagi kesehatan manusia. Dalam beberapa penelitian tentang manfaat puasa disebutkan bahwa beberapa penyakit bisa sembuh dengan cara melaksanakan ibadah ini.

Lalu, penyakit apa sajakah yang bisa sembuh melalui puasa?

- Maag

Penyakit ini terjadi karena meningkatnya kadar asam lambung di dalam perut. Ciri-ciri orang yang terkena penyakit ini biasanya merasakan mual dan perih di ulu hati. Di antara penyebab penyakit ini adalah makan yang tidak teratur. Oleh karenanya melalui cara berpuasa, pola makan seseorang bisa teratur, sehingga sangat berpengaruh terhadap penyembuhan penyakit maag.

- Obesitas

Selain maag, penyakit lain yang juga bisa sembuh melalui cara berpuasa adalah obesitas atau kegemukan. Obesitas membutuhkan perhatian secara khusus, karena biasanya ia bisa membuat orang mudah terkena berbagai jenis penyakit. Melalui pola makan teratur saat puasa, ditambah dengan gizi yang seimbang, kegemukan biasanya akan teratas.

- Menurunkan Kolesterol

Manfaat puasa juga bisa menurunkan berat badan. Ini berdasarkan sebuah penelitian di Uni Emirat Arab yang menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.

- Menyembuhkan Ginjal

Ginjal berfungsi untuk sebagai saringan zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

- Diabetes dan Hipertensi

Dua penyakit lainnya yang bisa disembuhkan melalui puasa adalah Diabetes dan Hipertensi atau darah tinggi. Karena hiperensi terjadi karena adanya peningkatan tekanan darah pada arteri utama, maka bisa disembuhkan dengan berpuasa, terutama dengan mengatur pola makan agar tidak mengkonsumsi makanan yang asin dan merangsang terjadinya hipertensi itu sendiri. (iy)

tag: #puasa  #manfaat puasa  #maag  #hipertensi  #diabetes  #ginjal  #kolesterol  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...