Oleh Fath pada hari Kamis, 16 Mei 2024 - 19:45:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Ikuti Perkembangan Zaman, Ketua Komisi I DPR Harap UMKM Manfaatkan Internet untuk Kembangkan Bisnis

tscom_news_photo_1715863553.jpg
Meutya Hafid Ketua Komisi I DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Internet menjadi alat yang sangat penting bagi UMKM dalam mengembangkan bisnis digital mereka. Dengan memanfaatkan internet, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan brand awareness, dan juga meningkatkan penjualan secara signifikan.

“Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, UMKM harus mampu bersaing secara online. Oleh karena itu, pemanfaatan internet bagi UMKM sangat penting untuk mengikuti perkembangan zaman," ucap Meutya Viada Hafid selaku Ketua Komisi I DPR RI dalam Forum Literasi Digital bertajuk “Pemanfaatan Internet bagi UMKM”, Sabtu (28/04/2024).

Tak hanya untuk mengakses informasi dan berkomunikasi, lanjut Meutya, internet juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan penjualan, serta memperluas jejaring dan ekosistem bisnis UMKM digital.

Meutya Hafid juga menambahkan, dengan memanfaatkan internet melalui optimalisasi media sosial, UMKM dapat menampilkan informasi produk yang lengkap, gambar yang menarik, dan testimoni dari konsumen, UMKM dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong proses pembelian.

“Jadi, jangan ragu untuk segera memanfaatkan potensi yang ada di internet untuk mengembangkan UMKM digital kalian," kata Meutya Hafid kepada pelaku UMKM yang hadir pada kegiatan tersebut.

Sementara itu, Direktur Bettravel Indonesia, Nurlaili juga menambahkan bahwa dengan adanya internet, UMKM dapat menjual produk tidak hanya secara lokal, tetapi juga secara nasional maupun internasional.

“Dengan memanfaatkan platform media sosial, website, dan marketplace online, UMKM dapat memperkenalkan brand mereka kepada khalayak yang lebih luas. Hal ini akan membantu UMKM untuk lebih dikenal dan diingat oleh konsumen, sehingga memperkuat posisi brand mereka di pasar," ujarnya.

Sependapat dengan paparan Nurlaili, Dwianggi Anggraini selaku Owner Dimsum 88, juga mengatakan bahwa pemanfaatan internet bagi UMKM digital memiliki banyak manfaat yang dapat membantu UMKM untuk berkembang dan bersaing di pasar global.

“Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk memanfaatkan internet dengan optimal agar dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh teknologi digital. Semoga kita sebagai pelaku UMKM dapat terus mengembangkan usaha kita melalui pemanfaatan internet yang tepat dan efektif," tuturnya.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement