Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 29 Jun 2015 - 15:47:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemprov DKI Kembali Gelar Kompetisi Bikin Aplikasi

94Logo-Hackathon-FINAL.jpg
Logo Hackathon Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kompetisi pengembangan aplikasi digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Kompetisi bertajuk Hackathon Jakarta (#Hackjak) ini akan memilih aplikasi terbaik untuk dimanfaatkan dalam portal open data yang akan diluncurkan.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Smart City DKI Jakarta Setiaji, kompetisi yang akan dibuka pada 30 Juni mendatang ini merupakan sarana untuk melibatkan warga Jakarta dalam membangun kota yang cerdas dan ramah teknologi.

"Partisipasi masyarakat adalah fondasi penting dalam membangun Jakarta," katanya, Senin (29/6/2015).

Sementara menurut Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Kominfomas DKI Jakarta Raides Aryanto menyebutkan ada tiga jenis kompetisi dalam #Hackjak tahun ini, yaitu Hackathon, Scrapathon, dan Visualthon.

Raides menjelaskan Hackathon yang merupakan kompetisi penciptaan aplikasi umum dan game secara bersama dalam periode waktu tertentu dengan mendayagunakan portal open data dan sumber resmi lainnya. Scrapthon merupakan kompetisi scrapping data yang dimiliki oleh Pemprov DKI secara bersama dalam periode tertentu menjadi open format data yang layak digunakan secara terbuka dan berulang. Sedangkan Visualthon merupakan kompetisi infografis ramah baca bagi masyarakat tentang layanan Pemprov DKI yang berasal dari portal open data DKI, dilakukan secara bersama-sama dalam periode tertentu.

Komeptisi ini akan melibatkan 30 juri yang merupakan perwakilan dari figur profesional, pelayanan publik, organisasi masyarakat sipil, serta akademisi dengan keahlian di bidang masing-masing. (mnx)

tag: #Jakarta  #Hackathon Jakarta  ##Hackjak  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...