Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 06 Jul 2015 - 12:34:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Tolak Dana Aspirasi, Johnny Bantah Nasdem Sedang Bersandiwara

83JohnnyGPlate-tscom.jpg
Johnny G Plate (Sumber foto : Indra Kusuma/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - DPR berencana memasukkan dana aspirasi Rp 20 milliar per anggota dewan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.
Anggota Fraksi Partai Nasdem Johnny G Plate menilai, rencana dana aspirasi hanya sebuah program sisipan yang rawan penyelewengan.

"Ini bukan sikap sandiwara kita, memang ini sikap Fraksi Nasdem. Alasanya sudah jelas, landasan hukumnya ada. Landasan hukumnya perencanaan pembagunan nasional itu ada UU No 25 tahun 2004 bahwa perencanaan pembangunan dilakukan melalui Musrembang dalam rangka RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah)," kata Johnny kepada TeropongSenayan, Senin (6/7/2015).

Menurut Johnny, merupakan pendapat yang salah jika DPR beralasan pengajuan dana aspirasi ini karena adanya celah dalam pengajuan aspirasi daerah dan Musrembang tidak berjalan efektif dan sudah sesuai UU MD3.

"UU MD3 itu tidak mensyaratkan aspirasi anggota dibawa ke paripurna, itu tidak (bisa). Aspirasi itu harusnya disalurkan melalui Musrembang," ungkapnya.

Anggota Komisi XI ini kembali menegaskan bahwa dana aspirasi ini rawan penyalahgunaan oleh anggota DPR.

"Bisa saja itu terjadi, dana aspirasi ini kalau dilakukan dengan perencana dengan baik dan sistem matis ini berbahaya sekali, apa lagi salah kelola bagaimana untuk pengawasannya," katanya.

Lebih jauh Johnny khawatir, tujuan dana aspirasi ini yang diklaim untuk pembangunan daerah hanya tertuju pada satu titik tertentu, tidak merata. Seperti halnya pulau Jawa mayoritas yang anggota DPR terpusat disana.

"Tujuan pembangunan kita adalah pemerataan, nah kalau sesuai jumlah anggota tidak merata, pembangunan ini akan berkonsentrasi di padat penduduk yang notabenenya tingkat kesejahteraannya lebih tinggi dibandingkan di daerah misalnya Papua," tandasnya.(yn)

tag: #dana aspirasi  #fraksi nasdem  #nasdem  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Syarat Calon Independen Maju Pilgub DKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan syarat bakal calon independen yang hendak maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Salah satunya ialah menyerahkan formulir ...
Berita

Sudah Sejauh Mana Kasus Dugaan Korupsi Di Telkomsigma?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kasus dugaan korupsi proyek fiktif di anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma periode 2017 - 2022 hingga kini belum ada kemajuan ...