Ragam
Oleh Yunan Nasution pada hari Jumat, 10 Jul 2015 - 14:04:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Suku di Indonesia Ini Punya Ilmu Mistik Terkuat

38Sukudayak.jpg
Suku Dayak (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ilmu mistik merupakan salah satu kekayaan Nusantara di bumi Indonesia, bagi sebagian orang ada yang sangat mempercayainya, tapi tidak jarang juga ada orang yang menganggap dunia mistik adalah tahayul dan merupakan hal yang sama sekali tidak masuk akal. Berikut ini adalah 6 suku di Indonesia yang terkenal dengan ilmu mistiknya, percaya atau tidak dengan kekuatan mereka, itu hak anda untuk menilainya.

1. Suku Batak, Sumatera Utara

Suku batak merupakan suku yang berasal dari Sumatera Utara dan cukup terkenal di Indonesia. Masyarakat batak biasanya menganut agama kristen walau pun tidak jarang juga yang menganut agama Islam. Mengenai kesaktian dari suku batak sudah sangat terkenal khususnya untuk wilayah sumatera, ini dibuktikan dengan Prof. Sorimangaraja Sitanggang yang menjadi Ketua Paranormal Sedunia, dinobatkan pada tahun 2006 di Jerman mengalahi suku Voodoo yang ada di Haiti. (Baca juga: Wow, Hacker Paling Ditakuti Dunia Berasal dari Indonesia)

Salah satu ilmu mistik suku batak yang sangat terkenal dari jaman dahulu hingga jaman modern saat ini adalah "Begu Ganjang." Begu artinya setan, Ganjang artinya panjang, dengan demikian Begu Ganjang adalah suatu bentuk setan yang berukuran sangat Panjang.

Konon katanya, Par Begu Ganjang atau Orang yang Memelihara Setan Panjang ini begitu ditakuti sekaligus dibenci oleh Masyarakat di sekitarnya. Alasanya adalah karena setan Begu Ganjang dianggap sebagai setan pencabut nyawa. Konon katanya, siapa yang melihat setan ini akan meninggal dunia beberapa saat atau beberapa hari dari kejadian itu. Begu ganjang menunjukan wujudnya kepada orang karena perintah dari pemiliknya yang tidak suka kepada orang tersebut, itulah mengapa pemilik setan Begu Ganjang ini sangat ditakuti.

Walau pun sangat kental dengan ilmu mistik, suku batak merupakan suku yang sangat mengutakan kualitas pendidikan bagi anak-anaknya, terutama bagi anak laki-laki. Suku batak sangat mengistimewakan anak laki-laki seperti anak emas karena sebagai penerus marga yang dianggap sangat penting untuk meneruskan keturunannya.

2. Suku Gayo, Aceh Tengah

Banyak orang dari luar daerah yang salah kaprah menganggap suku gayo sama dengan suku aceh, hal itu sama sekali tidak benar. Kemungkinan besarnya anggapan itu terjadi karena suku gayo tinggal di daerah salah satu kabupaten aceh, yaitu kota Takengon kabupaten Aceh Tengah. Padahal jika dikaji berdasarkan keturunan mereka, suku gayo lebih dekat kepada suku batak, bahkan suku Gayo disebut juga dengan "Batak 27" karena merupakan anak suku dari pecahan suku batak. Suku Gayo juga sebenarnya memiliki marga, biasanya marga mereka juga sama dengan marga batak karo, tapi marga di suku Gayo tidak terlalu dipedulikan dan hanya dipakai bagi keluarga yang sangat fanatik suku saja. (Baca juga: Kisah Polwan Cantik Hafal Al Quran 20 Juz dan Cita-Cita Kuliah di Mesir)

Sama halnya seperti suku Batak, suku gayo juga sangat kental dengan kekuatan mistik. Walau pun tidak sekuat suku batak, kehidupan mistik suku gayo sepertinya sudah mendarah daging di masyarakat itu sendiri padahal bisa dikatakan semua masyarakat gayo menganut ajaran islam, bahkan banyak di antara masyarakat suku gayo yang sangat fanatik tentang islam.

Kekuatan mistik masyarakat gayo disebabkan karena tuntunan sosial, kecemburuan sosial sesama masyarakat gayo sangatlah kuat, dan ilmu mistik inilah sebagai senjata yang digunakan untuk mengalahkan lawannya. Misalnya saja ada yang sedang membangun rumah, membeli mobil baru, membeli tanah baru, tidak heran jika salah satu dari anggota keluarga akan sakit.

Karena alasan kecumburuan sosial yang begitu kuatlah banyak anak dari suku gayo yang sudah merantau ke Medan, ke Jakarta atau ke kota besar lainnya tidak mau pulang lagi ke tanah gayo, dengan pendidikan di kota besar pikiran mereka semakin terbuka dan sudah tidak mau terlibat lagi dalam persaingan hidup yang ujung-ujungnya main dukun segala. (Baca juga:Lima Nama Kota Terunik di Dunia)

Masyarakat Gayo juga sangat percaya dengan pengobatan alternatif yang mengarah ke perdukunan, oleh karena itu tidak heran di masyarakat gayo dijumpai begitu banyak dukun.

Masih sama seperti suku Batak, masyarakat suku Gayo juga sangat mengutamakan pendidikan bagi anak-anak mereka, bedanya jika suku batak lebih mengutakan anak laki-laki, suku Gayo menyamaratakan kepentingan antara anak laki-laki dan perempuan.

3. Suku Asmat, Papua

Ada yang unik dari adat suku Asmat ini, suku Asmat mengaku diri mereka berasal dari dunia gaib yang berlokasi di mana matahari tenggelam setiap harinya. Selain itu, suku Asmat juga mempercayai bahwa di tempat mereka tinggal terdapat 3 jenis roh dengan sifat yang berbeda-beda yaitu ada yang bersifat baik, jahat dan juga jahat tetapi mati.

Suku Asmat sangat sering mengadakan berbagai upacara yang berkaitan dengan penghormatan terhadap roh nenek moyang mereka. Suku Asmat memiliki keyakinan bahwa sebelum orang mati memasuki surga, arwah mereka akan sering mengganngu manusia, gangguan itu bisa mendatangkan bencana, penyakit bahkan peperangan secara ilmu gaib. Maka dari itu mereka harus bisa menyelamatkan diri dan saudara mereka yang masih hidup dengan cara mengadakan pesta topeng, pesta patung bis, pesta ulat sagu dan juga pesta perahu.

4. Suku Kajang Amma Toa, Sulawesi

Suku Kajang Amma Toa di Sulawesi juga sudah sangat terkenal dengan kemampuan ilmu mistik mereka, ilmu mistik sudah sangat melekat di diri mereka dan menjadi ciri khas suku Kajang Amma Toa. Jika Anda bertanya kepada masyarakat Sulawesi mengenai suku ini, hal pertama terlintas di pikiran mereka adalah ilmu gaib, yaitu guna-guna. Hal ini masih dianggap wajar karena keyakinan animisme masih melekat pada mereka meski pun mayoritas masyarakat Kayang beragama islam. (Baca juga: Di Jepang, Bertani dan Bersawah di Gedung Mewah)

Karena suku Asmat yang terkenal dengan reputasi kekuatan mistiknya, banyak masyarakat di Sulawesi yang merasa tidak tenang jika seseorang yang berasal dari suku Kajang Amma Toa ada yang jatuh cinta kepada mereka. Sempat menyebar kabar juga bahwa mereka mampu dengan cepat melunakan tengkorak manusia dan mereka juga terkenal dengan ilmu kebal terhadap benda tajam.

5. Suku Dayak, Kalimantan

Suku dayak tidak kalah terkenal dengan ilmu mistik yang mereka miliki, bahkan mereka dikenal sangat kuat. Mereka bahkan bisa memikat lawan jenis dengan kekuatan mistik.

Kekuatan suku dayak juga dikenal melalui senjata-senjata yang mereka miliki seperti lunju, sipet, mandau dan penyang, sebagian dari mereka juga dapat memberi ilmu kepada orang lain, misalnya buluh perindu dan juga mandau terbang.

6. Suku Baduy, Jawa Barat

Nama lain dari suku Baduy adalah Kanekes, suku Baduy merupakan masyarakat adat sub etnis Sunda di wilayah pedalaman Lebak, Banten. Mereka merupakan suku yang cukup tertutup bagi pendatang dari negara luar, meskipun begitu mereka masih menyambut tamu yang masih merupakan warga negara Indonesia. Suku Baduy sangat terkenal dengan ilmu mistiknya, banyak masyarakat luar daerah yang takut karena mereka dianggap sangat sakti dalam meramal masa depan dan juga ilmu guna-guna mereka.(yn)

Sumber: Di Sini

tag: #suku di indonesia  #dayak  #gayo  #mistik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...