Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 19 Jul 2015 - 14:48:13 WIB
Bagikan Berita ini :

PMII Sebut Kinerja Kepala BIN Mengecewakan Soal Insiden Tolikara

1Sutiyoso-tscom-indra.jpg
Kepala BIN Sutiyoso (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Aminuddin Ma'ruf mengatakan, pembakaran musholla di Tolikara, Jumat (17/7/2015) seharusnya bisa dicegah jika Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso mendeteksi dari awal dengan adanya surat larangan sholat Idul Fitri oleh Gereja Injili Di Indonesia (GIDI).

"Ini juga menjadi catatan kinerja BIN dibawah kepemimpinan Sutiyoso yang tidak mampu mendeteksi dini ancaman potensi konflik," ujar Amin saat dihubungi TeropongSenayan, Minggu (19/7/2015)

Untuk itu, ia meminta aparat kepolisian melakukan penyelidikan lebih mendalam terkait surat edaran yang dilakukan oleh GIDI.

"PB PMII meminta kepada pihak GIDI yang disinyalir mengeluarkan surat himbauan pelarangan sholat Ied kepada umat muslim di Tolikara untuk menjelaskan hal tersebut," ungkap Amin.

Selain itu, pembakaran musholla Tolikara dinilai oleh Amin menjadi catatan hitam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Hal ini harus menjadi catatan bagi Pemerintah tindakan kekerasan, kriminal, atas nama apapun tidak boleh terjadi di Indonesia. Negara harus hadir dalam persoalan ini," tegasnya.

Sebelumnya, pihak Gereja Injili DI Indonesia (GIDI) dikabarkan melayangkan surat pemberitahuan larangan melaksanakan ibadah bagi muslim Tolikara pada saat hari raya Idul Fitri dan melarang muslimah memakai jilbab.(yn)

tag: #kepala bin  #insiden tolikara  #tolikara  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement