Berita
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Jumat, 31 Jul 2015 - 12:11:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Presiden Erdogan Telah Sampai di Indonesia Untuk Kunjungan Kenegaraan

32Erdogan-700x400.jpg
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hari ini, Jumat (31/7/2015), telah sampai di Indonesia untuk kunjungan kenegaraan yang difokuskan pada kerjasama ekonomi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanatha Nasir menjelaskan bahwa dalam lawatan yang akan berlangsung hingga 1 Agustus itu, Erdogan juga akan memberikan kuliah umum dan mengunjungi Masjid Istiqlal untuk melaksanakan shalat Jumat.

"Beberapa waktu terakhir ini hubungan diplomasi Indonesia dan Turki lebih diwarnai soal WNI yang masuk ke Turki untuk bergabung dengan ISIS di Suriah. Namun sebenarnya hubungan Indonesia dan Turki lebih dari itu. Hubungan Indonesia dan Turki sudah terjalin lebih dari 50 tahun," kata Arrmanatha di Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Arrmanatha juga menyebutkan, volume perdagangan Indonesia-Turki kini mencapai hampir $2,5 miliar. Indonesia mengekspor karet alam dan sintetis serta sandal dan sepatu ke Turki, sementara Turki mengirimkan ekspor terigu ke Indonesia. Surplus perdagangan Indonesia dari perdagangan Turki mencapai $415 juta.

Sementara itu, Pengamat ekonomi INDEF Enny Sri Hartati melihat bahwa selama ini, volume perdagangan ekspor dan impor antara Indonesia dan Turki relatif masih kecil.

"Jika kerjasama bisa dioptimalkan maka kita bisa melakukan diversifikasi negara tujuan ekspor. Hanya persoalannya, Turki bukan negara industri, sehingga jika kita mau mengekspor ke Turki, kita harus mempercepat pembangunan industri sehingga yang kita ekspor produk-produk jadi," ujarnya.

Selain diversifikasi negara tujuan ekspor, Turki bisa menjadi rekan bisnis dalam impor. Selama ini, Indonesia mengalami ketergantungan impor gandum dari Amerika Serikat. Kerjasama bisnis ini memungkinkan ada alternatif negara pengimpor gandum ke Indonesia. (BBC Indonesia/mnx)

tag: #Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan datang ke Indonesia untuk kunjungan kenegaraan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...