Berita
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Jumat, 31 Jul 2015 - 17:04:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Dampak El-Nino, Indonesia Alami Kemarau Panjang

55paceklik.jpg
Musim Paceklik (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Beberapa daerah seperti Jawa, Sulawesi Selatan, Lampung, Bali, NTB dan NTT telah mengalami hari tanpa hujan lebih dari 60 hari. Hal ini seperti disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Skaya.

Andi Eka menyatakan, musim kemarau tahun 2015 lebih panjang dibandingkan tahun lalu. Hal inilah yang menyebabkan awal musim hujan 2015-2016 mengalami kemunduran. Kondisi ini, menurut Andi, dikarenakan pada tahun ini terjadi fenomena el-nino yang telah mencapai level moderat dan diprediksi akan menguat mulai Agustus sampai dengan Desember 2015.

“Di sebagian besar wilayah Indonesia, musim hujan baru diprediksi akan mulai pada November atau Desember,” imbuh Andi Eka.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang berpotensi terdampak el-nino.

“Daerah-daerah di Indonesia yang berpotensi terkena dampak el-nino meliputi Sumatera Selatan Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan,” jelas Andi Eka.

Andi Eka juga menambahkan, wilayah NTB dan NTT telah mengalami musim kemarau panjang sejak Maret 2015 dan diprediksi akan berlangsung sampai dengan November 2015. Sementara untuk wilayah Jawa memasuki musim kemarau sejak April 2015 dan diprediksi berlangsung hingga Oktober 2015.

Kondisi ini, menurut Andi Eka yang akan menyebabkan masa paceklik atau gagal panen. Sedangkan pada sektor kehutanan akan berdampak pada kebakaran hutan dan lahan.

Meski demikian, menurut Andi Eka, tetap ada dampak positif dari el-nino bagi Indonesia. Menurutnya, el-nino memiliki efek positif pada sektor kelautan.

“Hal ini karena suhu muka laut di wilayah Indonesia dingin, sehingga dapat menambah populasi ikan yang nantinya dapat meningkatkan tangkapan ikan dan potensi garam,” ujarnya. (BMKG/mnx)

tag: #dampak elnino di Indonesia  #BMKG  #kekeringan  #paceklik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...