Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 12:49:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Gagas Hujan Buatan, BMKG dan BPPT Diminta Aktif Tilik Awan

56awan.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Hujan yang diharapkan mampu membantu penanganan asap dan kebakaran hutan ternyata tak kunjung turun. Karena itu, pemerintah menggagas hujan buatan.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk aktif melakukan tilik awan.

"Begitu ada awan langsung kita terbangkan pesawat. BMKG dan BPPT harus aktif," ujar Luhut dalam rapat koordinasi dengan Mensos, Mendagri, BNPB, dan Kabareskrim di Graha BNPB, Jakarta, Rabu, (28/102015).

Luhut menilai, hujan buatan cukup strategis sebagai langkah alternatif memadamkan api. Sehingga, persoalan kebakaran hutan secara bertahap dapat ditangani.

Kendati demikian, Luhut memprediksi potensi terjadinya hujan semakin besar. Bahkan, kata Luhut, sejumlah daerah sudah mengalami penurunan hujan walaupun dengan tensi yang masih minim.

“Hujan kelihatannya makin bagus. Semua peluang awan langsung kami optimalkan untuk semai hujan. Kalau ini bisa terus jalan, api akan banyak sekali berkurang,” paparnya.(yn)

tag: #hujan buatan  #bmkg  #bppt  #kabut asap  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...