Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Kamis, 29 Okt 2015 - 06:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

SBY Bilang Pemerintah Harus Cekatan Tangani Kabut Asap

79SBY2.jpg
Susilo Bambang Yudhoyono (Sumber foto : Istimewa)

PADANG (TEROPONGSENAYAN) - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta masyarakat mawas diri dalam menghadapi bencana kabut asap.

"Mengintrospeksi diri apa yang salah dengan bangsa Indonesia, terutama yang berkaitan dengan hutan, kemudian perbaiki kekeliruan yang telah dilakukan," pesan dia di hadapan masyarakat Kota Padang setelah melaksanakan Shalat Istisqa di Masjid Raya Ganting Padang, Rabu (28/10/2015).

Ia juga mengajak masyarakat untuk jujur dan terbuka pada diri sendiri mengenai penyebab kebakaran yang kembali terjadi, bukannya justru menjadikan musim atau alam sebagai faktor penyebab.

"Tidak hanya masyarakat, perusahaan-perusahaan yang melakukan usaha di provinsi yang sekarang mengalami hutan terbakar, tapi pemerintah daerah setempat juga harus mawas diri," katanya.

Jika saja para pemangku kepentingan setempat peduli atau responsif terhadap kebakaran yang terjadi, maka kebakaran tidak akan meluas seperti sekarang.

"Bila kebakaran sudah meluas, para pemangku kepentingan hendaknya serius dalam menanggapi dan menghadapinya, bahkan sangat diperlukan hukum tegas yang dapat membuat jera serta tidak tebang pilih," tegas SBY.

Selain itu, papar ketua umum Partai Demokrat ini, kepemimpinan dari segala tingkat hendaknya cekatan dalam mengatasi masalah ini, kemudian diperlukan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat.

"Yang mana, pemerintah berada di depan dan masyarakat turut berada di belakang membantu dan mendukung usaha pemerintah. Jika semua pihak telah bekerja sama, maka masalah ini akan bisa cepat diselesaikan," katanya.(yn/ant)

tag: #sby  #kabut asap  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

HNW: Jangan Hapus Pelajaran Sejarah dan Agama

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 24 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, MA, menolak wacana penghapusan mata pelajaran Agama yang dikeluarkan oleh sejumlah pihak, mengikuti wacana penghapusan mata pelajaran ...
Berita

Bagaimana Jika Terjadi Klaster Virus Baru di Pilkada 2020? Ini Pesan DPR untuk Kemenkes

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Anggota Komisi Kesehatan (Komisi IX) DPR Saniatul Lativa tak mempermasalahkan pilkada 2020 tetap diselenggarakan di musim pandemi, selagi pelaksananya semua pihak ...