Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Kamis, 29 Okt 2015 - 06:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

SBY Bilang Pemerintah Harus Cekatan Tangani Kabut Asap

79SBY2.jpg
Susilo Bambang Yudhoyono (Sumber foto : Istimewa)

PADANG (TEROPONGSENAYAN) - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta masyarakat mawas diri dalam menghadapi bencana kabut asap.

"Mengintrospeksi diri apa yang salah dengan bangsa Indonesia, terutama yang berkaitan dengan hutan, kemudian perbaiki kekeliruan yang telah dilakukan," pesan dia di hadapan masyarakat Kota Padang setelah melaksanakan Shalat Istisqa di Masjid Raya Ganting Padang, Rabu (28/10/2015).

Ia juga mengajak masyarakat untuk jujur dan terbuka pada diri sendiri mengenai penyebab kebakaran yang kembali terjadi, bukannya justru menjadikan musim atau alam sebagai faktor penyebab.

"Tidak hanya masyarakat, perusahaan-perusahaan yang melakukan usaha di provinsi yang sekarang mengalami hutan terbakar, tapi pemerintah daerah setempat juga harus mawas diri," katanya.

Jika saja para pemangku kepentingan setempat peduli atau responsif terhadap kebakaran yang terjadi, maka kebakaran tidak akan meluas seperti sekarang.

"Bila kebakaran sudah meluas, para pemangku kepentingan hendaknya serius dalam menanggapi dan menghadapinya, bahkan sangat diperlukan hukum tegas yang dapat membuat jera serta tidak tebang pilih," tegas SBY.

Selain itu, papar ketua umum Partai Demokrat ini, kepemimpinan dari segala tingkat hendaknya cekatan dalam mengatasi masalah ini, kemudian diperlukan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat.

"Yang mana, pemerintah berada di depan dan masyarakat turut berada di belakang membantu dan mendukung usaha pemerintah. Jika semua pihak telah bekerja sama, maka masalah ini akan bisa cepat diselesaikan," katanya.(yn/ant)

tag: #sby  #kabut asap  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hadapi Covid, Ketum PBNU Usul PNS Berzakat 2,5%

Oleh Ariful Hakim
pada hari Sabtu, 27 Feb 2021
JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)--Ketua Umum PBNU, Said Aqil Sirodj meminta pemerintah untuk menginstruksikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga pegawai BUMN untuk membayar zakat 2,5% ...
Berita

Saharudin: Kami Berharap Bobby Nasution Tidak Seperti Itu

JAKARTA ( TEROPONG SENAYAN ) -- Ketua Presidium Masyarakat Medan Utara Saharudin meminta wali kota Bobby Nasution mempercepat pembangunan di Medan Utara.  Saharudin menilai pembenahan ...