Berita

Tinjau Korban Asap

Di Kalteng, Panja Asap DPR Merasakan Pedih dan Panas

Oleh Ilyas pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 18:48:45 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

32IMG_20151028_141854.jpg

Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria saat mengunjungi korban asap di Kalimantan Tengah (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Panitia Kerja (Panja) Asap Komisi II DPR RI mengunjungi korban kabut asap di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (28/10/2015). Kunjungan ini dipimpin langsung Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarul Zaman dan Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria serta Lukman Edy, yang juga merupakan Ketua Panja Asap.

Mereka bersama rombongan, usai mendarat di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin pada Rabu (28/10/2015) pagi, langsung menuju Kalimantan Tengah melalui bus. Mereka langsung meninjau beberapa titik. Di antaranya Kantor Kecamatan Basarang, Rumah Singgah Oksigen, dan Kantor Gubernur.

Namun hanya beberapa jam di wilayah yang terkena kabut asap akibat kebakaran hutan tersebut, sejumlah anggota DPR sudah merasakan panas dan pedih di bagian mata.

"Ya, anggota DPR semua merasa panas dan mata mereka juga pedih. Padahal di sini baru dua hari ada hujan deras," kata salah seorang anggota rombongan.

Dalam pernyataan yang diterima TeropongSenayan, Ahmad Riza Patria yang turut dalam rombongan itu meminta pemerintah pusat untuk segera menetapkan bencana asap sebagai bencana nasional. Menurutnya, dengan status tersebut, diharapkan penanganan masalah kabut asap ini bisa cepat teratasi.

"Bencana Asap ini harusnya ditetapkan sebagai bencana nasional, supaya penanganannya dilakukan secara holistik," kata Ketua Bidang Politik DPP Partai Gerindra tersebut.

Menurut Ariza, dalam kunjungan ini ada beberapa hal yang dilakukan Panja Asap. Di antaranya pada setiap titik yang dikunjungi, Komisi II DPR menyerahkan bantuan. Salah satunya berupa pemberian 50 tabung oksigen dan ratusan masker.

"Kita juga membantu pembuatan blocking kanal," jelasnya. (iy) 

tag: #panja asap  #kabut asap  #kebakaran hutan  #Ahmad riza patria  #komisi ii dpr  

Bagikan Berita ini :