Berita

Pemerintah Akui Prediksinya Salah Terkait El Nino

Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 14:01:09 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

28elnino1.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengakui pemerintah salah memprediksi El Nino yang terjadi saat ini.

Menurutnya, lamanya waktu musim panas turut menjadi pemicu lambannya penanganan kebakaran hutan.

“Sebenarnya tidak terlambat penanganan (kebakaran hutan), tapi kita tidak tahu bahwa El Nino jauh lebih parah dari prediksi. Parahnya tidak terbayangkan, lebih parah dari El Nino tahun 1997,” ujar Luhut saat konferensi pers di Graha BNPB di jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (28/10/2015).

Kendati demikian, Luhut mengaku tidak malu mengakui kesalahan prediksinya itu. Pada prinsipnya, kata dia, upaya pemerintah sudah cukup maksimal dalam melakukan koordinasi antara pusat dengan daerah dalam melakukan penanganan kebakaran.

“Karena itu, Saya tidak malu akui bahwa ramalan kami keliru dan kita kerja keras untuk selesaikan ini,” tegasnya.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan memimpin rapat kordinasi kementerian untuk menanggulangi persoalan asap. Pada acara tersebut hadir Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Kesehatan Nina F. Moeloek, Mendagri Tjahjo Kumolo, Jajaran BMKG dan unsur pimpinan dari Mabes Polri.(yn)

tag: #el nino  #kabut asap  #kebakaran hutan  

Bagikan Berita ini :