Ragam
Oleh Yunan Nasution pada hari Selasa, 04 Agu 2015 - 08:53:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Kuliner Unik dari Indonesia

82KulinerIndonesia.jpg
Kuliner Indonesia (Sumber foto : Istimewa)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Indonesia tidak hanya terkenal dengan kekayaan alam dan suku budaya, Indonesia juga terkenal dengan kuliner lezat, itu disebabkan karena rempah-rempah di Indonesia yang bermacam-macam. Jika kita melihat sejarah, negara Eropa pun bahkan tertarik dengan rempah-rempah yang ada di Indonesia, itulah salah satu penyebabnya negara kita pernah dijajah.

Tetapi kuliner Indonesia tidak hanya mengandalkan rempah-rempah, dilihat dari bahan dasarnya, ada beberapa kuliner unik dari Indonesia yang bisa dijadikan rekomendasi bagi anda pecinta kuliner. Berikut adalah beberapa kuliner unik dari Indonesia yang mungkin bisa anda coba.

1. Tikus Panggang
Saat jalan-jalan ke Sulawesi Utara anda bisa mampir ke Minahasa, di sana terdapat makanan dari tikus yang dipanggang. Cara mengolahnya tidak jauh berbeda dengan makanan panggang lainnya, diberi bumbu-bumbu dan mentega sebagai penambah selera, makanan ini banyak dijual maupun dibuat oleh masyarakat itu di rumah. Tikus yang dijadikan makanan di sini bukanlah tikus sembarangan, melainkan tikus-tikus pilihan yang dianggap bersih dari hutan, bagi masyarakat yang tidak mau repot-repot berburu ke hutan mencari tikus, anda bisa membelinya di pasar Bunaken Manado, itu adalah pasar tradisional yang menyediakan banyak stok tikus mentah untuk dijual.

2. Kawok
Masih seputar kuliner di Sulawesi Utara, jika tadi saya membahas tikus panggang, kali ini saya membahas makanan lain yang juga terbuat dari tikus, makananan ini disebut kawok. Cara mengolahnya bermacam-macam, ada yang di masak dengan santan, di goreng, dll.

3. Paniki
Sulawesi memang menjadi tempat tujuan nomor satu untuk wisata kuliner aneh di Indonesia. Kali ini adalah Paniki, makanan ini terbuat dari kelelawar. Paniki bisa dimasak berkuah menggunakan santan, digoreng dan juga dipanggang. Umumnya Paniki disajikan dengan cabai yang sangat banyak untuk menghilangkan bau amis dari daging kelelawar itu.

4. Belalang Goreng
Banyak yang mengatakan rasa belalang itu manis, hampir mirip dengan rasa udang, walaupun saya sendiri belum pernah mencobanya tapi saya diberitahu kerabat saya sendiri yang pernah mencoba. Belalang adalah makanan khas dari gunung kidul, jadi tidak heran makanan ini sangat banyak ditemukan pada rumah makan dan kios-kios sepanjang jalan gunung kidul. Belalang ini digoreng dengan berbagai rasa, ada rasa original, pedas dan manis, semua sesuai selera, cara makannya bisa dijadikan sebagai lauk atau cemilan yang dimakan seperti keripik. Walaupun sedikit aneh tapi belalang ini adalah pemakan rumput, jadi menurut saya makanan ini tidaklah begitu mengerikan.

5. Botok Tawon
Botok adalah makanan khas jawa yang terbuat dari ampas kelapa yang santannya sudah tidak ada kemudian diolah dengan menambahkan bumbu-bumbu lain dan dikukus menggunakan daun pisang. Yang menarik adalah Batok Tawon, batok ini diolah dengan menggunakan sarang lebah sekaligus larvanya. Makanan ini banyak ditemui di daerah Banyuwangi.

6. Ulat Sagu
Mendengar kata ulat saja biasanya langsung membuat kita jijik dan geli, tapi bagaimana kalau justru ulat dijadikan makanan? Ulat sagu adalah jenis makanan dari papua, cara memakannya berbagai macam, bisa direbus, dijadikan sate dan juga ada yang dimakan mentah-mentah! Oh my God! Anda menyukai kuliner? Cobalah makanan ini, terutama memakannya dengan mentah-mentah.

7. Sate Bekicot
Sate bekicot adalah salah satu makanan khas dari Kediri, biasa disebut juga dengan sate nol dua (02). Jika anda ingin mencicipinya sate ini bisa ditemukan di desa Djenkol, biasanya sate ini juga dijual dengan berbahan dasar bekicot lainnya, misalnya keripik, krengsengan, oseng-oseng yang terbuat dari bekicot. Jangan khawatir bekicot-bekicot ini semua sudah dibersihkan dan dikeluarkan dari cangkangnya, jadi anda tidak perlu repot-tepot lagi, jangan bayangkan seperti makan kerang rebus yang masih harus direpotkan mengeluarkan daging dari cangkangnya.

8. Ulat Bulu
Kembali lagi membahas ulat, kali ini yang menjadi topik adalah makanan ulat bulu dari Purworejo, ulat bulu ini adalah ulat bulu dari pohon turi. Cara mengolahnya bisa digereng maupun disate dengan bumbu sesuai selera masing-masing.

9. Lawar Bali
Sebenarnya ini makanan yang biasa tapi menjadi sangat eksrim jika bagi penganut agama islam. Tentu saja karena lawar ini adalah makanan dari Bali yang terbuat dari cincangan daging babi beserta darah-darahnya yang masih segar, kemudian diolah menggunakan resep khas bali.

10. Rempeyek Laron
Serangga yang menjadi makanan ternyata tidak hanya belalang, masyarakat Jawa Tengah menjadikan laron sebagai rempeyek. Cara membuatnya sama saja seperti membuat rempeyek pada umumnya hanya saja yang biasa rempeyek dicampur dengan kacang atau udang diganti dengan laron.(yn)

Sumber: Di Sini

tag: #kuliner indonesia  #kuliner nusantara  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...