Ragam
Oleh Yunan Nasution pada hari Jumat, 07 Agu 2015 - 07:19:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Pakai Knocki, Anda Bisa Bikin Kopi Hanya dengan Mengetuk Meja

70Knocki1.jpg
Knocki (Sumber foto : Istimewa)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Definisi sederhana dari Internet of Things (IoT) adalah kemampuan suatu perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lainnya. Salah satu contoh komunikasi semacam ini adalah, Anda bisa menyala-matikan TV atau bohlam pintar di ruang keluarga menggunakan smartphone.

Lalu bagaimana dengan ‘benda mati’ seperti meja makan atau lemari? Apakah tidak mungkin objek-objek tersebut bisa berkomunikasi dengan berbagai perangkat elektronik di dalam rumah? Sejauh ini nampaknya hal tersebut masih mustahil terjadi.

Namun sebuah startup asal Texas tampaknya ingin mengubah pandangan tersebut dalam waktu dekat. Mereka ingin memberikan kemampuan berkomunikasi pada meja atau bahkan tembok di rumah Anda. Caranya? Dengan menggunakan sebuah perangkat bernama Knocki.

Knocki adalah sebuah perangkat berwujud bulat pipih yang dapat mengubah permukaan datar apapun menjadi sebuah remote control. Cukup lekatkan Knocki di meja ruang tamu atau tembok, maka Anda bisa menyala-matikan TV atau bohlam Philips Hue hanya dengan mengetuk meja atau tembok tersebut.

Di dalam tubuh Knocki yang amat sederhana tersebut, tertanam sensor yang mampu mendeteksi getaran berpola pada suatu permukaan. Namun untuk mencegah terdeteksinya getaran yang tidak sengaja, pengguna perlu mengetuk satu kali terlebih dulu pada permukaan tempat Knocki menempel sebelum lanjut mengetuk dengan pola-pola tertentu.

Pola ketukan seperti apa yang dimaksud? Anda bisa mengaturnya melalui aplikasi pendamping Knocki di perangkat Android maupun iOS. Contoh, dua ketukan santai pada meja akan menyalakan lampu di ruangan, sedangkan tiga ketukan cepat akan menyalakan smart TV Anda. Sebanyak 10 pola ketukan bisa ia kenali sekaligus.

Knocki beroperasi dengan memanfaatkan koneksi internet via jaringan Wi-Fi. Jadi, selama perangkat yang ingin Anda kontrol tersambung dengan Wi-Fi dan menggunakan platform yang terbuka, maka secara teori Knocki bisa mengirimkan instruksi kepadanya. Knocki pun tidak perlu ditancapkan ke colokan listrik; ia memakai baterai AA standar dengan estimasi daya tahan sekitar 12 bulan.

Contoh lain dari kegunaan Knocki adalah, Anda bisa mengetuk meja di sebelah ranjang – yang sudah terpasangi Knocki – untuk menyuruh coffee maker pintar menyeduhkan kopi selagi Anda bersiap ‘mengumpulkan nyawa’ di pagi hari. Buat para istri, Anda juga bisa mengetuk meja yang sama dengan pola berbeda untuk mengirim pesan teks ke suami agar cepat pulang.

Apakah Knocki hanya bisa mendeteksi getaran pada permukaan kayu saja? Tidak. Knocki siap Anda lekatkan di permukaan dari berbagai material, mulai dari logam, granit atau marmer sekalipun. Selama ketukan Anda berada sekitar 2 meter dari Knocki, maka ia dapat mendeteksi pola getarannya dan siap mengirimkan instruksi ke perangkat.

Belum ada informasi terkait jadwal pemasaran Knocki, namun bisa dipastikan tahun ini juga. Kalau Anda tertarik melibatkan mebel, tembok dan pintu rumah Anda menjadi bagian dari Internet of Things, Anda bisa memesan Knocki seharga USD59 di situs resminya.(yn)

Sumber: Gizmaz

tag: #knocki  #teknologi knocki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...