Jakarta
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Sabtu, 22 Agu 2015 - 11:46:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Kisah Kampung Pulo Berabad Lalu

66sungai_ciliwung_meester_cornelis.jpg
Sungai Ciliwung di daerah Meester Cornelis 1910-1930 (Sumber foto : waroengilme.blogspot.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Beberapa hari belakangan, Kampung Pulo ramai diperbincangkan. Lantaran permukiman padat penduduk di tepian Kali Ciliwung ini digusur oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mengapa? Hal ini karena Pemprov DKI tengah melaksanakan proyek normalisasi kali dalam rangka menanggulangi banjir di Ibukota.

Sebelum masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok), upaya relokasi sudah sering dilakukan. Namun nampaknya warga enggan meninggalkan kampung kelahirannya tersebut, meski kerap dihajar banjir kala musim penghujan datang.

Hingga akhirnya, pada masa Ahok, warga Kampung Pulo berhasil dipaksa untuk pindah. Tak mendapat penggantian materi, namun Sang Gubernur menyediakan ganti tempat tinggal layak huni di Rusunawa Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

Mengapa warga enggan pindah dari Kampung Pulo? Konon kabarnya Kampung Pulo memiliki kisahnya sendiri yang tak banyak diketahui masyarakat Ibukota.

Seorang tokoh masyarakat asal Kampung Pulo Habib Sholeh bin Mukhsin Alaydrus menyebut perkampungan ini telah ada sejak sebelum Indonesia merdeka. Konon, kampung ini disebut punya andil dalam mengusir penjajah. Menurut Habib Sholeh, Kampung Pulo sudah ada sekitar abad ke-17 atau sekitar tahun 1800an.

“Sebelum ada Belanda di Indonesia, kampung ini sudah ada lebih dulu," ujar Habib Sholeh di Jakarta, Jumat (21/8/2015).

Bahkan, menurutnya, Kampung Pulo ini merupakan kampung pejuang. Ia menambahkan, pada masanya, Kampung Pulo menjadi tempat persembunyian para pejuang dari kejaran Belanda. Kawasan ini memang dulu dikenal lebih tertutup, dari perkampungan lain di wilayah Jatinegara.

Berabad lalu, Kampung Pulo merupakan hutan yang tak berpenghuni. Namun pada masa penjajahan Belanda, Kampung Pulo menjadi bagian dari wilayah Meester Cornelis. Kemudian, pada masa Belanda pula Kampung Pulo diubah menjadi pusat perniagaan di wilayah timur Jakarta. (mnx)

tag: #Jakarta  #Ahok  #penggusuran kampung pulo  #warga kampung pulo menolak direlokasi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dompetdhuafa X TS : Qurban
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...