Ragam
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Sabtu, 22 Agu 2015 - 16:20:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketika Perempuan Memiliki Ruangannya Sendiri

40she_shed_dailymail.jpg
She Shed (Sumber foto : Dailymail)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Jika sebelumnya pernah dikenal istilah “man cave”, saat ini tengah mengemuka tren baru bernama “she shed”.

Istilah “man cave” tak diartikan sebagai gua lelaki, melainkan untuk menggambarkan sebuah titik atau pojok di dalam rumah yang disulap menjadi pusat kegiatan laki-laki. Misalnya saja, ada ruang musik, ruang bilyar, ruang otomotif, dan beragam kekhususan lainnya bagi laki-laki untuk menyalurkan hobinya.

Belakangan, hal serupa sedang diminati kaum wanita di Eropa dengan maraknya “she shed”. Hal ini berangkat dari kutipan kalimat seorang penulis perempuan Virginia Woolf yang menyebutkan, “Seorang perempuan harus memiliki uang, dan sebuah gudang (shed) miliknya untuk menulis fiksi.”

Kata “shed” dalam kutipan tersebut dijadikan simbol oleh banyak perempuan sebagai hak perempuan untuk memperoleh kemerdekaan. Yaitu kemerdekaan untuk memiliki waktunya sendiri. Di dalam gudangnya, para perempuan ini menyalurkan waktu untuk melakukan aktivitas kesukaan dan menekuni hobinya.

Ruang khusus perempuan yang dibangun di luar rumah ini memiliki banyak kegunaan untuk perempuan. Bila ia penulis, gudang ini bisa digunakan sebagai tempat mencari ide dan agar ia fokus menulis. Bila ia suka membaca, maka gudang ini dapat dipenuhi dengan buku-buku favoritnya. Bila perempuan suka mengerjakan kerajinan tangan, maka gudang ini akan penuh dengan beragam bahan kerajinan tangan. Bahkan belakangan, “she shed” banyak digunakan sebagai “ruang kerja” bagi para perempuan dalam menjalankan bisnisnya.

Jadi, apakah para perempuan Indonesia juga tertarik untuk memilikinya? (mnx)

tag: #she shed  #gudang perempuan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...