Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 23 Agu 2015 - 07:17:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Rizal Ramli Tak Dipecat, JK Tebar Ancaman Terhadap Jokowi

32Tjipta-Lesmana.jpg
Tjipta Lesmana (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Perseteruan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dengan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli ternyata berkepanjangan. Kabarnya, JK mengancam akan mundur jika mantan Menteri Keuangan itu tidak dicopot dari jabatannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut diungkapkan pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Tjipta Lesmana kepada awak media di Jakarta, Sabtu (22/8/2015).

"JK mengancam kalau Pak Rizal (Ramli) ini tidak dipecat, dia mau bercerai (mundur)," kata Tjipta.

Tjipta mengaku mendapatkan informasi itu dari orang dalam Istana, baik presiden maupun wakil presiden. Namun, dia tidak merasa heran jika memang kabar tersebut benar adanya karena JK selama ini tidak nyaman dengan kritikan pedas yang dilontarkan Rizal Ramli, khususnya mengenai mega proyek pembangunan listrik 35 ribu megawatt.

Meski demikian, Tjipta mendukung penuh gaya komunikasi Rizal Ramli walaupun kritikannya itu mengundang kontroversi di tengah masyarakat.

"Pramono Anung saja kemarin, secara implisit mendukung manuver Rizal Ramli. PDI-P pun tenang-tenang saja tuh dengan komentar-komentar Pak Rizal. Jadi memang dia (Rizal) ini laik untuk kita dukung," pungkasnya.

Diketahui, sehari setelah dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal langsung mengkritik Kementerian BUMN yang berencana membeli pesawat baru untuk perusahaan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Menurut Rizal, pembelian pesawat baru belum perlu.

Setelah itu, Rizal lagi-lagi melontarkan pernyataan kontroversial. Ia mengatakan, target Pemerintah membangun pembangkit listrik 35.000 megawatt terlalu sulit dicapai. Dia menilai proyek yang dicanangkan Presiden Jokowi hingga 2019 itu tak masuk akal. Bahkan, ia menilai proyek itu adalah proyek ambisius Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Presiden menanggapi secara santai pernyataan Rizal. "Urusan saya urusan bekerja, menteri tugasnya mencari solusi dari setiap problem yang ada dari target dan kebutuhan yang sudah kita berikan," ujar Jokowi.(yn)

tag: #jk  #rizal ramli  #presiden jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement