Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 26 Agu 2015 - 17:07:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Warga Kampung Pulo Seharusnya Bisa Jadi Pemilik Tanah Sah

11penggusuran-kampung-pulo-jakarta-timur.jpg
Penggusuran Kampung Pulo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Banyak kasus penggusuran paksa yang terjadi di DKI Jakarta, namun warga terdampak tak pernah mendapatkan ganti rugi atau kompensasi yang layak.‎ Kasus terbaru adalah penggusuran paksa terhadap warga di Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Kepala Divisi Penelitian Lembaga Batuan Hukum (LBH) Jakarta, Pratiwi Febry menyebutkan, banyak warga yang tinggal ‎di Kampung Pulo selama puluhan tahun, sesungguhnya berkesempatan menjadi pemilik tanah yang sah.

"Dalam banyak kasus hal itu sering diabaikan.‎ Kasus terakhir yang menimpa warga di Kampung Pulo, padahal mereka seharusnya bisa menjadi pemilik tanah yang sah,‎‎" kata Pratiwi di kantor LBH Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Hak kepemilikan tanah, lanjut Pratiwi, sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Pasal 1963 jo. 1967 Kitab UU Hukum Perdata menyebut, warga yang menduduki suatu tanah, dengan itikad baik selama kurun waktu 30 tahun atau lebih, dapat mendaftarkan tanah tersebut sebagai miliknya.

Namun, kata dia, hasil penelitian LBH Jakarta menunjukkan, setidaknya ada 11 kasus yang warga terdampaknya telah mendiami tanah tersebut dalam kurun waktu diatas 30 tahun dan tetap menjadi korban penggusuran paksa tanpa ganti rugi yang layak.

Dengan demikian, jika pemerintah menaati aturan hukum yang berlaku, karena warga telah memenuhi syarat dan kriteria formal untuk memiliki tanah, maka pemerintah daerah tidak boleh melakukan penggusuran paksa.

Menurutnya, penggusuran paksa hanya boleh dilakukan‎ pemerintah daerah jika dapat membuktikan bahwa ia memiliki Hak Pengelolaan setelah memperoleh kepastian hukum melalui putusan pengadilan.

Sementara mengenai mekanisme perolehan tanah, juga telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah jo. Peraturan Menteri Agraria/Kepala BPN Nomor 9 tahun 1999 tentang tata cara pemberian atau pembatalan Permohonan Hak atas tanah. (mnx)

tag: #Jakarta  #Ahok  #penggusuran kampung pulo  #warga kampung pulo menolak direlokasi  #pengerahan aparat dalam penggusuran  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...