Ragam
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 30 Agu 2015 - 09:10:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Akibat Buruk jika Jamur Beracun Sampai Termakan

23jamur.jpg
Jamur topi merah (Sumber foto : Istimewa)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Jamur merupakan makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Anek jenis penganan pun bisa dibuat dengan bahan dasar jamur.

Namun Anda harus memastikan jamur yang dikonsumsi bukanlah jamur yang beracun. Jika hal itu sampai terjadi kondisi terburuk bisa menimpa Anda.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menghindari jamur dengan insang putih dan topi merah serta tidak pernah mengkonsumsi jamur kecuali Anda yakin bahwa itu seratus persen aman.

Inilah beberapa hal yang berhubungan dengan keracunan jamur:

1. Iritasi gastrointestinal
Salah satu gejala paling umum dari keracunan jamur adalah adanya iritasi gastrointestinal. Gejalanya seperti mual, muntah dan diare. Anda bisa melihatnya dalam rentang waktu 20 menit sampai 4 jam setelah konsumsi jamur.

2. Muskarin
Sangat sulit membedakan mana jamur yang aman untuk Anda dan mana yang tidak. Jika Anda memakannya, Anda akan keracunan muskarin yang ada pada jamur. Zat ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf tak sadar Anda. Biasanya tanda-tandanya bisa dilihat dari kelebihan produksi air liur dan keringat, penurunan tekanan darah dan bahkan kesulitan bernapas.

3. Psilocybin
Psilocybin hampir ada di 200 spesies jamur. Racun ini perlu Anda waspadai. Gejala keracunan jamur psilocybin dapat terlihat dalam waktu satu jam setelah memakannya.

4. Amatoxins
Amatoxins adalah racun berbahaya yang ditemukan dalam jamur. Dalam waktu 24 jam, racun dapat diserap ke dalam darah. Ketika darah Anda beracun, tentu saja amat berbahaya bagi tubuh Anda.

5. Gyromitrin
Beberapa jamur memiliki racun gyromitrin. Apabila Anda memakan jamur yang mengandung gyromitrin, Anda mungkin akan menderita sakit kepala dan masalah perut lainnya.

6. Orellanine
Racun orellanine baru bisa dideteksi setelah 36 jam atau paling lama 3 minggu. Akibatnya akan benar-benar fatal, sebab ginjal Anda akan kehilangan fungsinya.(yn/boldsky)

tag: #jamur  #keracunan jamur  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...