Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Kamis, 03 Sep 2015 - 15:28:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Peta Kekuatan di DPR Pasca PAN Hengkang dari KMP

76Kursi-dpr.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Atto Kuat/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Partai Amanat Nasional (PAN) telah menyatakan diri bergabung ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang notabene penyokong pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Hengkangnya PAN dari Koalisi Merah Putih (KMP) setidaknya akan mengubah kekuatan peta politik di DPR. Dengan kata lain, KIH mendapatkan suntikan kekuatan di Parlemen.

Selama ini kekuatan KIH di DPR hanya 207 kursi. Terdiri dari PDIP (109 kursi), PKB (47 kursi), Partai NasDem (35 kursi) dan Partai Hanura (16 kursi). Dengan masuknya PAN (49 kursi), jumlah kursi KIH menjadi 256 kursi di DPR.

Sementara Koalisi Merah Putih (KMP) kekuatannya bakal berkurang setelah PAN keluar. Jika dihitung, KMP hanya menyisakan Partai Gerindra (73 kursi), PKS (40 kursi), PPP (39 kursi), dan Partai Golkar (91 kursi). Sehingga total kekuatan KMP hanya 243 kursi. Itupun dengan catatan PPP dan Partai Golkar tidak masuk angin setelah kedua partai itu mengalami dualisme kepemimpinan.(yn/b4)

tag: #pan gabung  #kmp  #kih  #senayan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Bahlil Ingin Beri Izin Tambang ke Ormas, Sartono Hutomo: Jangan Buru-buru

Oleh Fath
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI angkat bicara perlihal rencana Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk ...
Berita

Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Demokrat, Marwan Cik Asan mengingatkan pemerintah agar mewaspadai perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun 2024. Karena meskipun angka ...