Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Kamis, 03 Sep 2015 - 17:14:00 WIB
Bagikan Berita ini :

KMP: Sanksi Buat PAN Kami Serahkan pada Rakyat Indonesia

35Logo-pan1.jpg
Logo PAN (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Para petinggi partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) berkumpul membahas hengkangnya PAN dari KMP di hotel Sultan, Jakarta, Rabu (3/9/2015). Hadir dalam pertemuan tersebut elite partai di KMP di antaranya, Idrus Marham, Fahri Hamzah, Taufik Ridho, dan Ahmad Muzani.

Koordinator Harian Koalisi Merah Putih Idrus Marham mengatakan, KMP menyerahkan kepada pihak PAN atas sikap politik yang diambilnya. Ia hanya bisa percaya bahwa akan ada sanksi moral dari rakyat atas inkonsistensi PAN yang keluar dari kesepakatan awal bersama KMP untuk mengontrol pemerintah dari luar.

"Koalisi kami didasarkan kesadaran bersama dari seluruh partai yang bergabung dalam KMP. Dan ikatannya adalah etika dan komitmen bersama, sehingga kalau ada sanksi (bagi PAN) kami serahkan kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Idrus Marham dalam konferensi pers pengurus harian KMP di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis, (3/9/2015).

Menurutnya, pasca keputusan PAN itu, partai-partai yang masih dalam KMP justru kian solid.

"Kami di KMP konsisten dan istikomah dengan komitmen bersama yang telah dibuat. Kami memahami perubahan sikap politik DPP PAN dan itu justru membuat kami semakin solid," ungkapnya.

Wakil Sekjen PKS Fahri Hamzah yang mendampingi Idrus Marham dalam konferensi pers itu mengungkapkan, posisi KMP memiliki nilai strategis dalam menjaga dialektika politik yang sehat di Indonesia. Keberadaan KMP di luar pemerintahan dapat menjadi kontrol positif bagi kekuasaan.

Meski menerima keputusan PAN, ujar Fahri, namun ia tetap menyayangkan etika politik PAN yang hengkang tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu ke pihak KMP.

"KMP selalu menghormati sikap PAN, akan tetapi atas komitmen bersama kami meminta penjelasan dan kejelasan (atas sikap PAN). Dan juga agar menjadi perhatian bahwa seluruh elemen KMP tetap solid hingga saat ini," tandas Fahri.(yn)

tag: #pan gabung  #kmp  #kih  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Bahlil Ingin Beri Izin Tambang ke Ormas, Sartono Hutomo: Jangan Buru-buru

Oleh Fath
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI angkat bicara perlihal rencana Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk ...
Berita

Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Demokrat, Marwan Cik Asan mengingatkan pemerintah agar mewaspadai perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun 2024. Karena meskipun angka ...