Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Selasa, 08 Sep 2015 - 14:22:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Depan Komisi III, Kapolri Klaim Rotasi Buwas Sesuai Perpres

15Badrodin-Haiti-indra.jpg
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti (Sumber foto : Indra Kusuma/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti melakukan rapat kerja dengan Komisi III DPR, Selasa (8/9/2015). Dalam kesempatan itu, Badrodin ditemani Kepala Bareskrim Polri yang baru, Anang Iskandar.

Kepada Komisi III, Badrodin menjelaskan persoalan kebijakan yang dilakukan terkait rotasi jabatan antara Komjen Pol Budi Waseso sebagai BNN dengan Komjen Pol Anang Iskandar sebagai Kabareskrim. Ia mengaku, peralihan struktural di tubuh institusi yang dipimpinnya tersebut sudah sesuai dengan mekanisme dan juga peraturan presiden (Perpres) mengenai susunan organisasi Polri.

"Bahwa pengangkatan dan pemberhentian pejabat perwira tinggi bintang dua ke atas ditetapkan oleh Kapolri setelah dikonsultasikan dengan Presiden. Sehingga setelah disetujui oleh BPK, Kapolri perlu berkonsultasi dengan Presiden. Apakah sesuai prinsip-prinsip mutasi," ungkap Badrodin

Mantan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri menegaskan, mutasi terhadap bawahannya itu telah memenuhi prinsip-prinsip dasar yang selalu menjadi pertimbangan utama pada setiap proses restrukturisasi di kepolisian.

Ia menyebutkan bahwa dirinya telah berupaya mengikuti prosedur dengan standar nilai legalitas, anti-KKN, akuntabel, keadilan, transparan, dan objektif.

"Akuntabel, dimana mutasi anggota dapat dipertanggungjawabkan. Keadilan, mutasi dilakukan dalam hak yang sama tanpa diskriminasi. Transparan, mutasi anggota disampaikan secara jelas dan objektif, mengedepankan independensi anggota tanpa ada KKN. Ini dilakukan demi kedepankan kepentingan organisasi. Adapun mekanisme yang dilakukan oleh sidang dewan pertimbangan karir," tutupnya.(yn)

tag: #kabareskrim dicopot  #budi waseso  #buwas  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement