Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 09 Sep 2015 - 15:37:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Ahok Pangkas Anggaran Pidato Gubernur DKI yang Capai Rp 805 Juta

62ahok_ahok_ahok.jpg
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku akan memangkas anggaran untuk pidato dirinya selaku Gubernur. Dalam APBD DKI, anggaran untuk naskah pidato gubernur tecatat mencapai Rp 805 juta.

Anggaran yang tidak sedikit itu sebelumnya digunakan untuk membayar tenaga ahli dari pihak luar guna membuat dan mempersiapkan naskah pidato yang diperlukan gubernur. Namun, Ahok memastikan mulai tahun ini dirinya tak mau lagi menggunakan orang luar untuk membuat naskah pidato.

"Itu total, mungkin semua. Kita akan cek. Harusnya sudah dipangkas," kata Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Daripada menggunakan jasa pihak luar, Ahok mengaku lebih baik memberdayakan pegawai negeri sipil (PNS) serta pekerja harian lepas (PHL) dalam menyusun naskah pidato gubernur.

"Dulu kan bayar orang luar, sekarang kita enggak. Makanya kita mau tahu itu naskahnya siapa, bayarnya kemana?," tegas Basuki.

Apalagi, lanjut Ahok, saat ini pihaknya tengah menghitung efisiensi jumlah PNS DKI. Sebab di lingkungan Pemprov DKI, lebih banyak PHL yang bekerja dibanding PNS DKI.

"Jadi hampir semua yang kerja di DKI 50.000 itu PHL, yang betul-betul kerja dan disuruh-suruh itu PHL," ujar Ahok.

Untuk diketahui, standar gaji para PHL adalah Rp 2,7 juta. Akan tetapi, setiap PHL tidak diberikan gaji dalam jumlah yang sama, tergantung hasil pekerjaan masing-masing.

"Jadi itu untuk gaji. Gaji PHL itu kan satu orang Rp 2,7 juta. Dari situ ada yang tenaga ahlinya. PHL kan enggak mungkin untuk yang kemampuannya lebih tinggi, gajinya sama. Kan ada aturan main. Jadi bervariasi. Akhirnya ketemulah angka Rp 805 juta itu," jelas Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN) Pemprov DKI, Muhammad Mawardi‎. (mnx)

tag: #Jakarta  #Ahok  #anggaran pidato gubernur dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...