Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 09 Sep 2015 - 21:58:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Akhir Pekan ini, Balai Kota DKI Dibuka untuk Umum

83balai_kota_dki.jpg
Balai Kota DKI Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Keinginan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk menjadikan kantor Balai Kota DKI Jakarta menjadi tempat wisata tidak lama lagi akan segera terwujud.

Rencananya, peresmian wisata Balai Kota tersebut akan dilakukan akhir pekan ini, Sabtu (12/9/2015), dan akan diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Ahok.

Kepala Biro Umum Sekretariatan Daerah Provinsi DKI, Agustino Darmawan mengatakan, dibukanya Balai Kota bagi masyarakat umum dilandasi oleh keinginan Pemprov DKI Jakarta untuk mengenalkan Balai Kota DKI kepada warga Jakarta. Tujuannya, untuk mengenalkan konsep smart city sebagai wadah informasi masyarakat tentang pembangunan Kota Jakarta.‎

Awalnya, kata Agustino, pada 28 Agustus 2015 lalu Ahok meminta jajarannya untuk menyiapkan Balai Kota menjadi wisata untuk masyarakat umum. Lalu, rancangan yang telah disusun Agustino bersama timnya itu, langsung dilaporkan ke Ahok pada 4 September 2015.

"Ketemu lagi dengan Pak Gub (Ahok), Selasa (8/9/2015) kemarin. Pak Gub mengatakan perlu percepatan, dan seluruh unit harus mempersiapkan diri untuk mempersiapkan wisata Balai Kota," kata Agustino kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Dijelaskan Agustino, nantinya tidak seluruh area Balai Kota boleh dimasuki, tapi hanya lantai dasar. Selain itu, Ruang Rapat Pimpinan, Ruang Tempo Doeloe dan Ruang Gubernur juga tidak boleh dimasuki warga.

Masyarakat Jakarta bisa masuk ke Balai Kota dari dua sisi, yakni pintu depan dan pintu belakang. Untuk parkirnya bisa di IRTI Monas, atau Blok A Basement Lantai 3 Gedung DPRD DKI.

Selain itu, di Balai Kota para masyarakat juga bisa menikmati kuliner. Karena para pedagang juga boleh berjualan asal lolos dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Tidak hanya ada kuliner, dan menikmati interior bangunan di Balai Kota, warga juga bisa menikmati musik yang akan selalu ada setiap Sabtu dan Minggu.

Dinas Budaya dan Pariwisata akan menggelar pentas musik, yang acaranya diisi oleh para pengamen jalanan.

"Itu merupakan pesan dari Ahok. Silahkan undang sebanyak-banyaknya musik jalanan, tapi jangan yang modalnya botol plastik doang," ujar Agustino menirukan Ahok.

Selama di Balai Kota, ada tiga orang guide yang bisa dinikmati masyarakat, mereka nantinya yang akan membimbing para warga Jakarta di Balai Kota.

Sementara jam buka Balai Kota akan dibuka setiap Sabtu-Minggu pukul 10.00 WIB -17.00 WIB untuk Ruangan Dalam, 10.00 WIB-20.00 WIB untuk area luar. (mnx)

tag: #Jakarta  #Ahok buka balai kota untuk umum  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...