Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 10 Sep 2015 - 15:15:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Polda NTB Disumbang Newmont Rp 5 Miliar, Anggota Komisi III: Tak Masalah

22polda-ntb.jpg
Logo Polda NTB (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) memberikan dana hibah sebesar Rp 5,5 miliar kepada kepolisian daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB).

Anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul tak mempersoalkan Polda NTB memperoleh tersebut jika memang benar digunakan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di NTB.

"Kalau sudah sesuai prosedur tidak masalah. Tapi kalau belum memang jadi masalah," kata Ruhut saat dihubungi TeropongSenayan, Kamis (10/9/2015).

Lebih lanjut Ruhut mengatakan, dirinya mendukung kepolisian jika diberikan bantuan, karena anggaran untuk Korps Bhayangkara itu saat ini sangat minim.

"Anggaran untuk kepolisan sangat minim, ini akan menggangu kinerja kepolisian," tandasnya.

Namun sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengungkapkan bahwa Newmont tidak bisa memberikan bantuan atau hibah secara langsung ke instansi kepolisian.

Seharusnya, terang Fahri, yang menerima hibah adalah Kementerian Keuangan sebagai bendahara negara, nanti diberikan ke Polri dan diteruskan ke Polda NTB.

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan telah mengeluarkan aturan terkait dana hibah. Dimana lembaga atau kementrian yang mendapatkan hibah harus melaporkan dan kemudian dimasukan pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP).

Dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 40/PMK.05/2009 tentang Sistem Akuntansi Hibah disebutkan Belanja hibah pengeluaran dan pengesahan dilakukan oleh Direktorat Pengelolaan Kas Negara Direktorat Jenderal Perbendaharaan atau Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Khusus Jakarta VI. Beleid hibah itu mengatur juga hibah dari perusahaan swasta baik dalam negeri maupun luar negeri ataupun dari negara lain.

Sebelumnya, PT NNT telah menyerahkan dana hibah yang dituangkan dalam naskah kerja sama yang ditandatangani General Manager (GM) Social Responsibility and Government Relations Perseroan Terbatas Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) Rachmat Makassau dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol Umar Septono, di Mataram, Jumat (4/9/2015).

GM Social Responsibility and Government Relations PT NNT Rachmat Makassau menjelaskan tujuan kerja sama dan hibah ini adalah untuk meningkatkan sinergi yang telah ada antara Newmont dengan Polda NTB dalam menciptakan stabilitas keamanan dan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di NTB.(yn)

tag: #polda ntb  #newmont  #dana hibah newmont  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Aktivis 98 Sarankan Prabowo Gandeng KPK, BPK dan PPATK Saat Susun Kabinet

Oleh Fath
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Aktivis 98, Uchok Sky Khadafi menyarankan agar presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto meminta saran dan masukan dari KPK, BPK RI dan PPATK dalam menyusun formasi ...
Berita

Soal Bahlil Ingin Beri Izin Tambang ke Ormas, Sartono Hutomo: Jangan Buru-buru

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI angkat bicara perlihal rencana Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk ...