Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 11 Sep 2015 - 13:56:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Anggota Baleg Bantah Tudingan YLKI Terkait RUU Pertembakauan

86YLKI.jpg
YLKI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menuding, ada kongkalikong di balik lolosnya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertembakauan dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Industri rokok diduga berperan sehingga RUU tersebut bisa mulus menjadi RUU prioritas.

Anggota Badan Legislasi (Baleg) dari Fraksi PPP Arsul Sani tak terima dengan peryataan YLKI tersebut yang menuduh lolosnya RUU tentang tembakau ada permainan para industri rokok.

"Sebagai anggota DPR saya tidak terima, seharusnya YLKI membaca dahulu isi dalam RUU tembakau tersebut jangan hanya melihat satu 'kacamata' saja," kata Arsul kepada TeropongSenayan, Jumat (11/9/2015).

Arsul menegaskan, meskipun bukan pihak yang mengusulkan RUU tersebut, namun Fraksi PPP akan mengawal secara langsung rencana peraturan soal tembakau uty di dalam prolegnas 2015.

"Itu memang diajukan Partai Golkar dan NasDem," imbuh dia.

Dirinya juga melihat dalam UU tembakau tersebut ada beberapa pasal yang harus dimasukkan. Selain itu, RUU tembakau ini juga mengakomodir kepentingan para petani tembakau yang harus dibantu.

"Karena ini buat kepentingan petani tembakau dan harus dilihat juga bahwa cukai rokok salah satu pemasukan APBN yang sangat besar dibandingkan dengan BUMN," ucapnya.

Anggota Komisi III DPR ini juga berjanji akan mengusulkan dalam UU tembakau tersebut dimasukkan prinsip-prinsip kesehatan.

"Yang saya lihat prinsip-prinsip kesehatan belum ada dalam UU tembakau. Jadi nanti PPP akan mengusulkan agar prinsip-prinsip kesehatan dimasukan," tegasnya.(yn)

tag: #baleg  #ylki  #ruu pertembakauan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...