Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Jumat, 11 Sep 2015 - 14:29:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Daftar Negara Penerima dan Penolak Pengungsi

31pengungsi-suriah.jpg
Pengungsi Suriah (Sumber foto : Istimewa)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gelombang pengungsi dari negara di timur tengah yang tengah dilanda konflik, khususnya di Suriah terus berdatangan ke berbagai negara di benua Eropa, Afrika bahkan Asia.

Rasa simpati pun mengalir dari sejumlah negara yang mempersilakan para pengungsi untuk datang ke wilayah mereka. Namun, tak sedikit pula yang menolak kedatangan para pengungsi yang mencari ketengan hidup.

Seperti dilansir CNN News, berikut daftar negara yang menerima dan menolak pengungsi.

Negara yang menerima pengungsi saat ini:

1. Turki
Turki menerima 1,9 juta pengungsi. Menjadikannya negara paling banyak menerima dan kedatangan pengungsi. Turki juga menjadi destinasi nomor satu bagi para pengungsi.

2. Lebanon
Lebanon menerima 1,1 juta pengungsi Suriah. Ini menandai peningkatan 25 persen terhadap 4,4 juta penduduk negara tersebut. Menjadikan Lebanon negara dengan konsentrasi tertinggi pengungsi per kapita.

3. Yordania
Yordani menyediakan tempat tinggal 629 ribu pengungsi. Negara tersebut memiliki sejarah dalam hal menerima pengungsi. Hampir setengah dari tujuh juta populasi Yordania berasal dari Palestina.

4. Irak
Seperti Suriah, Irak juga terkena dampak serangan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Tak mengherankan sebagian besar pengungsi Suriah menetap di negara ini seperi Irbil, Duhuk, dan Niniwe. Ada 249 ribu pengungi di Irak.

5. Mesir
Mesir menampung 132 ribu migran sebagian besar pengungsi Suriah. Namun tak ada pengungsi yang tinggal di kamp-kamp di sana. Bahkan miliader Mesir Naguib Sawiris menawarkan membeli sebuah pulau untuk pengungsi.

Negara yang mendapat permintaan suaka Suriah:

1. Jerman
Jerman menerima permintaan suaka dari 98.700 migran. Menjadikan Jerman menghadapi permintaan suaka terbesar di Eropa. Kanselir Jerman Angela Merkel menyerukan negara-negar Uni Eropa mengambil kuota untuk berbagi pengungsi.

2. Swedia
Ada 64.700 permintaan suaka ke Swedia. Ini bukan kali pertama, pada 1990-an Swedia menerima 84 ribu pengungsi dari Balkan.

3. Prancis
Jumlah permintaan suaka ke Prancis relatif rendah hanya 6.700 permintaan. Namun Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan, negaranya siap menampung 24 ribu migran selama dua tahun ke depan.

4. Inggris
Britania Raya mendapat 7.000 permintaan suaka. Namun David Cameron mengatakan akan menerima 20 ribu pengungsi Suriah selama lima tahun ke depan.

5. Denmark
Denmark telah menerima 11.300 permintaan suaka Suriah. Tapi kini telah berupaya mencegah kedatangan lebih banyak migran.

Berapa banyak pengungsi yang diterima negara negara-negara Teluk?

Arab Saudi : 0
Uni Emirat Arab : 0
Kuwait : 0
Qatar : 0
Bahrain : 0
(yn)

tag: #pengunsi suriah  #suriah konflik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Bahlil Ingin Beri Izin Tambang ke Ormas, Sartono Hutomo: Jangan Buru-buru

Oleh Fath
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI angkat bicara perlihal rencana Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk ...
Berita

Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Demokrat, Marwan Cik Asan mengingatkan pemerintah agar mewaspadai perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun 2024. Karena meskipun angka ...