Berita
Oleh Ilyas pada hari Jumat, 25 Sep 2015 - 17:25:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Jenguk Korban Mina, Setya Novanto Terobos Protokoler Arab Saudi

94201509252348.jpg
Petugas penyelamat membawa jenazah jamaah haji yang tewas akibat berdesak-desakan di Mina, di luar kota Makkah, Kamis (24/9). Sebanyak 717 jamaah dari berbagai negara tewas dalam insiden Kamis kemarin di kota Makkah, menurut keterangan aparat berwenang Saudi, bencana terburuk dalam ibadah haji dalam sejarah 25 tahun. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua DPR RI Setya Novanto mengaku menerobos protokoler Kerajaan Arab Saudi mendatangi lokasi insiden Mina dan beberapa rumah sakit untuk mengecek jamaah haji asal Indonesia yang dikabarkan berada di sana.

"Saya bersama Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mendatangi lokasi insiden dan beberapa rumah sakit, mengecek jemaah haji asal Indonesia yang dikabarkan berada di sana," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (25/9/2015).

Pada Kamis terjadi tragedi Mina yang menyebabkan 700 orang meninggal. Novanto mengatakan di rumah sakit emergency, dirinya bertemu dengan salah satu jamaah haji asal Indonesia bernama Ati Royati Kloter 61 asal Banjar.

Menurut dia, Ati terluka pada bagian kaki karena terinjak-injak oleh ratusan jamaah haji lainnya saat insiden Mina terjadi.

"Saya juga bertemu dengan jemaah lainnya antara lain Namin Selamat Kloter 62, Cuyinah Matab, Soeritno Wati asal Nganjuk kloter 56, Sukarmin dari Kloter 1 Lombok Barat, dan jamaah haji lainnya yang ada di rumah sakit tersebut," ujarnya.

Selain menjadi korban insiden Mina, menurut Novanto, beberapa jemaah Indonesia juga dirawat karena menderita dehidrasi dan diare saat mengikuti rangkian ibadah haji. Hal itu, ujar dia, kemungkinan karena situasi yang tidak memungkinkan untuk bergerak cepat.

"Sekitar lima jam lebih saya dan Pak Jazuli serta Fadli Zon mendampingi Ibu Ati dan jamaah haji Indonesia lainnya, sebelum dijemput dan dibawa ke tempat yang lebih aman pascainsiden Mina oleh petugas haji Indonesia," katanya.

Dia yakin pemerintah Arab Saudi benar-benar serius menangani insiden ini khususnya jamaah haji yang menjadi korban, dan mencari penyebab serta solusi agar insiden Mina tidak akan terulang lagi di kemudian hari.

Dia juga menyampaikan bela sungkawa dan duka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya ratusan jemaah haji yang tiga orang diantaranya berasal dari Indonesia, dalam insiden di Mina Mekkah saat hendak melakukan lempar jumroh.

"Ketiga jemaah haji Indonesia tersebut adalah Hamid Atwitarji dari Kloter Surabaya, Syaisiyah Syahril Abdul Gafar dari Kloter Batam, dan seorang jemaah lagi yang belum diketahui identitas lengkapnya," katanya.

Novanto berharap semoga Allah SWT mengampuni seluruh dosa-dosa dan menerima amal ibadah para jemaah haji khususnya jemaah haji asal Indonesia yang menjadi syuhada.(iy/an)

tag: #tragedi mina  #arab saudi  #ketua dpr  #setya novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...