Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Sabtu, 26 Sep 2015 - 07:31:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebanyak 225 Jemaah Haji Masih Hilang, Indonesia Diminta Koordinasi dengan Pemerintah Saudi

10images.jpg
Jemaah haji (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua DPR RI yang juga Ketua TIm Pengawas Haji DPR RI Fahri Hamzah meminta pemerintah Indonesia untuk berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi terkait belum ditemukannya 225 jemaah haji asal Indonesia.

“Pihak pemerintah Indonesia harus segera berkordinasi dengan semua pihak dan bekerja secara proaktif untuk menjelaskan posisi dari 225 nama yang dikabarkan hilang,” kata Fahri dalam rilisnya, Jumat (25/9/2015).

Selain itu, Fahri mendesak pemerintah Arab Saudi untuk mengungkap seluruh korban tragedi Mina, baik yang meninggal dunia maupun yang mengalami luka-luka.

“Selayaknya pemerintah Saudi segera mengungkap identitas seluruh korban wafat (717 jemaah); nama, negara dan keterangan lain yang relevan. Pemerintah Saudi juga perlu mendata segera jemaah Yang terluka (863 jemaah) dan masih berada di rumah sakit atau di tempat penampungan lainnya,” ujarnya.

Katanya lagi, tidak terlalu sulit untuk mengecek karena sejak awal database yang dimiliki Kementerian Agama cukup lengkap untuk memantau kelompok dan pergerakan kelompok jamaah berdasarkan kloter, KBIH.

"Maka dengan itu, kita berharap agar pemerintah Indonesia secara maksimal menggunakan waktu dan fasilitas yang ada untuk mencari posisi sisa jamaah kita," ujar politisi PKS itu.

Fahri mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berdoa dan berharap jamaah haji Indonesia masih hidup dan hanya berpindah konsentrasi tempat ibadah dan atau tempat tinggal sementara.

"Semoga tidak lagi terjadi penambahan jumlah korban meninggal dunia atau sakit," harapnya.(yn/ant)

tag: #jemaah haji  #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement