Berita
Oleh untung suryo pada hari Selasa, 29 Sep 2015 - 00:34:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Dari Kajian Lemhanas, Indonesia Sudah Lampu Kuning

79lemhanas.jpg
Gedung Lemhanas (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Ketahanan nasional Indonesia sudah lampu kuning. Kondisi ini sudah bahaya kalau dilihat dari segi Pancagatra yang meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan (ipoleksosbud-Hankam), serta segi Trigatra.

“Ini hasil kajian Lemhannas (Lembaga Ketahanan Nasional) dari segi Trigatra dan Pancagatra meski sudah ada upaya perbaikan,” kata Deputi Bidang Pengembangan Strategik Lemhanas Prof Djagal Wiseso Marseno, saat diskusi dengan Badan Pengkajian MPR, di MPR, Senin (28/9/2015).

Dalam kajian ini, lanjutnya, Lemhanas melihat semua masalah mealui 800 indikator yang terdapat dalam Trigatra dan Pancagatra atau Astagatra.
Trigatra sendiri terdiri dari geografi, demografi, dan sumbar daya alam (SDA).

"Setiap indikator diukur dalam penilaian 1-5, kategori terbaik sampai terburuk. Dan Lemhanas terus mengkaji kondisi yang sudah lampu kuning itu, apa penyebabnya,” katanya.

Dalam kajian itu ada tiga hal yang dibedah, yakni kajian permasalahan mutakhir, aktual dan kajian secara khusus.

Djagal menambahkan bahwa kajian Lemhannas ini tidak main-main. "Lembaganya tidak main-main, ini dirikan Bung Karno, 20 Mei 1965," katanya.

Tugas pokok dan fungsi membangun bangsa dengan sistem. "Jadi tidak cukup dengan senjata, bedil, militer dan tentara yang kuat," pungkasnya.(ss)

tag: #lemhanas  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pemerintah Berencana Gandeng China Tanam Padi di Kalteng, Legislator: Petani Kita Pasti Kalah

Oleh Fath
pada hari Rabu, 01 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IV DPR RI Bambang Purwanto mengaku khawatir dengan langkah pemerintah Indonesia yang bakal menggandeng China mengembangkan lahan sawah seluas satu juta ...
Berita

Mendadak, Caleg PKB Cabut Gugatan di MK

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat kaget dengan keputusan Caleg PKB yang mencabut permohonan perkara Pileg 2024 DPRD Aceh. Permohonan Caleg PKB ini berkaitan ...