Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 29 Sep 2015 - 19:38:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Kepala BNP2TKI: Menjadi TKI Itu Wajib Sejahtera

6TKI.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala BNP2TKI Nusron Wahid mengatakan materi dalam revisi UU No.39 tahun 2004 tentang perlindungan dan penempatan TKI di luar negeri belum banyak perubahan dibanding UU yang asli sebelumnya.

Menurutnya, revisi tersebut hanya nama dan istilahnya yang berubah, tapi aspek filosofi dan strukturnya sama, sehingga belum bisa menjawab ekspektasi perlindungan TKI di luar negeri.

“Juga belum sesuai dengan UU No.12 tahun 2011 tentang tata cara urutan perundang-undangan,” kata dia di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (29/09/2015).

Terkait pekerja migrant, lanjut dia, setidaknya harus sesuai dengan amanat konstitusi, yaknipasal 27 UUD NRI 1945. Pasal itu menjelaskansetiap WNI berhak atas kehidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Sementara terkait penempatan TKI di luar negeri diatur dalamUU tersendiri, yakniUU No.13 tahun 2003 dan sesuai ratifikasi konvensi PBB (UU No.6 tahun 2012). Oleh karenanya,UU TKI tidak boleh menyimpang dari ketiga UU tersebut.

“Selebihnya tergantung fenomena sosial dan politik,” tambah dia.

Untuk itu, kata Nusron, menjadi TKI itu wajib sejahtera. Tapi, kalau negara tidak mampu mensejahterakan, maka perlu aturan-aturan seperti keharusan mempunyai kompetensi dan kelengkapan administratife lainnya.

Lebih lanjut dia meminta UU itu jangan sampai lebih banyak instruksi, melainkan harus menjadi norma, agar jelas pengaturannya antara operasional dan kebijakan, termasuk dalam menetapkan negara tujuan TKI.

“Selama ini kita belum ada batasan antara kebijakan dan operasional, sehingga harus mendatangi banyak negara,” pungkasnya. (iy)

tag: #tki  #bnp2tki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Cak Imin Harap Pilkada 2024 Tak Terjadi Manipulasi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 06 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap pilkada 2024 berjalan objektif. Hal itu diutarakan Cak Imin dalam acara "Pembekalan Bacakada" di Vasa Hotel ...
Berita

Kolaborasi GPMB dan Amway Memberikan Edukasi Kesehatan untuk Generasi Muda dan Kalangan Pendidik

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Gerakan Pembudayaan Minat Baca (GPMB), organisasi sosial mitra Perpustakaan Nasional RI, berkolaborasi dengan Amway dan Amway Care Foundation, menyelenggarakan ...