Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 30 Sep 2015 - 14:20:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Sodik Mudjahid: Managemen Haji Harus Direformasi

29Sodik-Mudjahid.jpg
Sodik Mudjahid (Sumber foto : Syamsul Bachtiar/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Di dalam UU Haji terdapat salah satu pasal yang mengatakan bahwa negara harus menjamin tiga aspek kepada setiap jemaah haji Indonesia, yakni bimbingan ibadah, pelayanan prima dan perlindungan keamanan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Sodik Mudjahid kepada TeropongSenayan, Rabu (30/9/2015)

Lebih lanjut Sodik mengatakan, selama puluhan tahun Kementerian Agama (Kemenag) hanya berkutat pada satu sisi yang tidak pernah selesai, yakni sisi pelayanan angkutan udara, pondokan, katering, angkutan darat di tanah air dan tanah suci.

"Karena aspek ini belum selesai saja dalam mencapai standar pelayanan prima maka dua aspek lain yakni bimbingan ibadah dan perlindungan keamanan jadi terabaikan," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, musibah Mina yang beberapa kali terjadi harus dijadikan momentum reformasi manajemen penyelenggaraan ibadah haji agar ketiga aspek jaminan negara untuk setiap jemaah bisa diberikan dengan maksimum.

"Reformasi manajemen haji dimulai dengan segera diperankannya BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji). DPR mendesak pemerintah agar sesuai dengan amanat UU, paling lambat bulan Oktober tahun 2015 ini," tegas dia.

BPKH segera aktif dan tahun depan semua aspek keuangan dan pelayanan kepada jamaah dilakukan BPKH sehingga jemaah haji dapat mempoleh pelayanan prima dalam hal angkutan, pondokan, katering, tenda dan lain-lain.

"Dengan aktifnya BPKH untuk fokus memberikan pelayanan prima bagi jemaah maka Kemenag harus fokus kepada dua aspek yang tidak kalah pentingnya, yakni aspek bimbingan ibadah dan pemberian perlindungan dan keamamanan," pungkas dia mengingatkan.(yn)

tag: #tragedi mina  #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

DPR Sebut RUU Penyiaran Tak Berangus Kebebasan Pers

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 14 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi merespons kritik terhadap draf Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Menurutnya, tidak ada unsur ...
Berita

Formappi Desak DPR Segera Selesaikan 45 RUU di Akhir Masa Jabatan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus mendesak DPR segera merampungkan 45 RUU yang masuk Prolegnas 2024. Ia menyebut RUU yang harus ...