Berita
Oleh Bani Saksono pada hari Jumat, 09 Okt 2015 - 13:47:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Awas, Uang Kuliah 2016 Bakal Naik

64Ferdiansyah-indra.jpg
Ferdiansyah, anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai Golkar, Dapil XI Jabar (Garut-Tasikmalaya) (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah menuding Menristek-Dikti M Nasir telah melakukan diskriminasi terhadap perguruan tinggi swasta (PTS). Tandanya, tahun ini Menristek sama sekali tidak mengajukan anggaran bantuan untuk PTS.

“Hal ini membuktikan bahwa Menristek-Dikti langsung maupun tidak langsung melakukan diskriminasi terhadap perguruan tinggi swasta (PTS) padahal secara jumlah lembaga maupun mahasiswa, PTS jauh lebih besar dibandingkan dengan PTN,” kata Ferdiansyah di Gedung DPR, Senayan, Jumat (9/10/2015).

Ferdi menambahkan, yang dikhawatirkan adalah akan ada kenaikan uang kuliah tahun ajaran 2016. Berdasarkan usulan dari Kemenristekdikti untuk RAPBN 2016, kata anggota Fraksi Partai Golkar ini, ternyata usulan untuk Bantuan Operasional (BO) PTN 2016 diajukan sebesar Rp 3,763 triliun. sedangkan BO-PTN tahun ajaran 2015 yang diajukan dalam rapat kerja (raker) di DPR pada 15 September 2015 sebesar Rp 4,55 triliun.

Baca juga :Ini Alasannya Kenapa Ingatan Kita Hilang

“Sebagai akibat penurunan jumlahBOPTN tersebut, maka dapat dipastikan UKT untuk tahun 2016 akan mengalami kenaikan.,” ujar Ferdi dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar XI. Dia menyayangkan jika pemerintah menaikkan uang kuliah sementara kondisi perekonomian masih memprihatinkan.

Karena itu, Ferdi menyarankan agar Menristekdikti segera mengkomunikasikan ini dengan Presiden dengan baik. Hal itu memungkinkan masalah BO-PTN dan BO untuk PTS dapat diselesaikan. Masalah lainnya adalah tidak diusulkanyan pengadaan sarana dan prasarana PTN.

Pengaruhnya, kata dia, secara mutu dan akses di perguruan tinggi tidak akan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) . “Ini adalah yang sangat dikhawatirkan dari awal oleh Komisi X DPR RI,” kata Ferdi menyudahi penjelasannya. (b)

tag: #kemenristek-dikti uang kuliah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...