Berita
Oleh Ilyas pada hari Senin, 12 Okt 2015 - 08:47:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Jatim Dukung Pembangunan Pesantren Bagi Kaum Lansia

560710596pondok-sepuh-payaman780x390.jpg
Santri Lansia (Sumber foto : Ist)
Teropong Juga:

KEDIRI (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mendukung pembangunan pondok pesantren orang lanjut usia (lansia) oleh masyarakat mengingat fasilitas tempat penampungan tersebut masih sangat dibutuhkan.

"Pesantren seperti ini perlu dikembangkan di banyak tempat. Memang masih sedikit yang membuat pesantren lansia, padahal kebutuhan tempat untuk lansia juga semakin besar," katanya saat peresmian pondok pesantren lansia di Kelurahan Tosaren, Kecamatan Kota, Kediri, Senin (12/10/2015).

Ia mengatakan, sebenarnya jumlah fasilitas sosial di Jatim sudah banyak. Namun, jumlah itu belum mencakup untuk membantu menangani tingginya jumlah lansia, yang mencapai 4,7 juta jiwa. Jumlah itu meningkat, seiring dengan semakin sejahteranya masyarakat Indonesia, dimana usia harapan 71-72 tahun, berbeda dengan 10 tahun lalu yang hanya sekitar 65 tahun.

Menurut dia, tidak semua lansia tersebut dalam kondisi mampu. Sekitar 50 persen di antaranya mereka tidak mampu, sehingga membutuhkan uluran tangan. Dengan adanya pondok pesantren lansia, perawatan mereka akan lebih diperhatikan.

Ia juga mengatakan tidak semua lansia akan tinggal di panti asuhan seperti pondok pesantren lansia ini, sebab banyak dari mereka sudah bersama keluarga. Namun, ia menilai adanya pondok ini sangat bermanfaat. Untuk menghilangkan kejenuhan, ia berharap pengelola pondok pesantren membuat beragam aktivitas.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan jumlah lansia di kota ini cukup besar. Pemerintah pun juga membuat beragam program untuk memerhatikan kesehatan para lansia, salah satunya dengan posyandu lansia.

Ia juga mengatakan, pemerintah juga intensif melakukan pendataan, termasuk lansia yang masih belum terdata. Hal itu dilakukan sebagai bentuk perhatian dari pemerintah ke masyarakat, terutama lansia yang kurang mampu. Ke depan, mereka didata dan jika belum mempunyai kartu jaminan, akan diupayakan dibuatkan.

"Pemutakhiran data selalu kami lakukan," ujar Wali Kota.

Sementara itu, pengelola pondok pesantren lansia, KH Anwar Iskandar mengatakan pembangunan pondok pesantren lansia ini memang dilakukan untuk tujuan sosial.

"Banyak orangtua yang tidak terawat, anaknya kerja jauh-jauh sementara bapak dan ibunya sudah tua. Kami ingin gantikan kedudukan anak yang bekerja," ujarnya.

Ia mengaku, yayasan juga sudah bekerjasama denga berbagai pihak, termasuk tim medis, sehingga jika ada yang sakit pun, juga bisa langsung ditangani. Ia berharap, yayasan ini bermanfaat.(iy/an)

tag: #santri lansia  #pesantren lansia  #pemprov jatim  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...