Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Selasa, 13 Okt 2015 - 15:28:43 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR: Program Bela Negara Harus Miliki Aturan yang Jelas

18TB_Hasanuddin.jpg
TB Hasanuddin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Program Bela Negara yang akan dilakukan oleh Kementerian Pertahanan harus mempunyai landasan hukum yang kuat agar parameter keberhasilan program tersebut jelas.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin. Menurutnya, program Bela Negara tersebut harus diatur secara detail agar tidak salah dalam pelaksanaannya.

"Butuh undang-undang supaya ada parameter. Misalnya nanti kebijakan bela negara seperti apa, pelaksananya siapa, pelakunya siapa dan kategori umur berapa, sistem rekrutmen seperti apa, sistem pelatihannya, kurikulumnya bagaimana," ujar TB Hasanuddin di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Politisi PDI-Perjuangan itu menambahkan, program Bela Negara bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang tinggi. Menurut TB Hasanuddin, rasa kebangsaan yang tinggi tidak harus ikut perang, tetapi bagaimana membantu daerah yang terkena bencana atau lainnya.

"Tapi (bela negara saat ini), bukan semata dilatih menembak, makanya dibutuhkan undang-undang. Misal ada bencana, Anda ikut membantu, itu kan harus ada kesadaran bela negara," terang dia.

Sebelumnya Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu telah menekankan program Bela Negara yang akan dijalankan kementeriannya berbeda dengan wajib militer. Pihaknya juga mewacanakan adanya kurikulum Bela Negara untuk pendidikan yang mulai dari bangku taman kanak-kanak. (mnx)

tag: #program bela negara  #kementerian pertahanan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement