Berita
Oleh Aris Eko pada hari Kamis, 15 Okt 2015 - 10:50:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Menggertak Amerika, China Terus Bangun Pangkalan Militer Pulau Buatan di Laut China Selatan

39151009122829_south_china_sea_640x360_reuters_1444880073947.jpg
Pulau Buatan China di Kawasan Kepulauan Spartly, Laut China Selatan (Sumber foto : reuters)

BEIJING (TEROPONGSENAYAN)--China terus mengumbar kekuatan di laut China Selatan. Bersamaan menggertak Amerika, China tak mau di ganggu ambisinya membangun pangkalan militer di pulau buatan dekat kepulau anSpartly.

Juru bicara kementerian luar negeri, Hua Chunying, Kamis (15/10/2015) menuding balik Amerika kareni dinilai "terus menerus menggunakan kekuatan militernya" di kawasan itu. Amerika dianggap tak sendirian namun juga berkongsi dengan sejumlah negara lain.

Sebelumnya, Minggu lalu, pejabat Amerika mengatakan mereka sedang mempertimbangkan mengarahkan kapal perang di daerah sekitar kepulauan Spratly yang dinyatakan Cina sebagai wilayahnya. Bersama Jepang, Amerika memperingatkan China agar menghentikan kegiatannya di kawasan itu.

Washington meyakini langkah Beijing membangun fasilitas militer bertujuan untuk memperkuat klaim atas kawasan sengketa itu. Ini membuat Amerika, Jepang juga Philipina khawatir atas gerakan China yang memperlihatkan tanda-tanda makin mengeras.

Sedang China menyatakan pembangunan tersebut sah dan diperlukan untuk melindungi kedaulatannya. Justru China menilai langkah Amerika mengarahkan kapal perangnya menuju 12 mil laut ke kepulauan Spartly yang dinilai sebagai tindakan provokatif.(ris/bbc)

tag: #china  #amerika  #laut china selatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...