Jakarta
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Senin, 16 Nov 2015 - 13:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Walhi Jakarta: Pencemaran Air di Bantar Gebang Meningkat Kala Musim Penghujan

76TPST_Bantar_Gebang.jpg
TPST Bantar Gebang (Sumber foto : Istimewa)

BEKASI (TEROPONGSENAYAN) - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta memprediksi pencemaran air tanah warga di sekitar Tempat Pengolahan sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, akan bertambah parah saat memasuki musim hujan.

"Sebab air lindi dari sampah di dua lokasi penampungan yakni TPST Bantar Gebang, dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu akan lebih cepat menyerap ke dalam tanah karena didorong air hujan," kata Ketua Dewan Pakar Walhi Jakarta Bagong Suyoto di Bekasi, Senin (16/11/2015).

Menurutnya, TPST Bantar Gebang sebagai lokasi penampungan sampah warga DKI bukan menjadi satu-satunya penyumbang pencemaran air tanah warga, sebab di kecamatan yang sama ada TPA Sumur Batu yang menjadi lokasi pembuangan sampah warga Kota Bekasi.

"Selain itu, di Bantar Gebang juga berdiri banyak pabrik yang bergerak di berbagai sektor bidang produksi," katanya.

Menurutnya, TPA Sumur Batu saat ini belum dilengkapi instalasi pengolahan limbah sehingga air lindi tidak hanya menyerap ke dalam tanah tapi juga masuk ke aliran Kali Ciasem dan meluas hingga ke kawasan Pedurenan, Bantar Gebang.

Hasil pengamatan Bagong di TPST Bantargebang, terdapat tiga Instalasi Pengolahan Air Sampah (IPAS) yang belum berfungsi optimal. Hasil uji laboratorium yang dilakukan Walhi pada 2010 diketahui hasilnya masih kurang maksimal.

"Idealnya pada bagian pondasi sampah harus dilapisi dengan geomembran semacam karpet yang harganya 700-800 dollar per meter," katanya.

Karpet itu dapat menghalau rembesan air lindi ke dalam tanah dan dapat dialirkan ke sejumlah saluran limbah untuk diolah. (mnx/Ant)

tag: #dki-jakarta  #sampah-jakarta  #tpst-bantar-gebang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...