Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 20 Nov 2015 - 19:26:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Jakarta Anggarkan Rp 197,6 Miliar Untuk Beli 179 Truk Sampah

79truksampah-antri.jpg
Truk Sampah Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Badan Anggaran DPRD DKI bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menggelar rapat penyelarasan Kebijakan Umum APBD Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2016.

Dalam rapat tersebut, salah satu yang dibahas adalah terkait kebijakan pembelian truk sampah.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana sempat berjalan alot. Sebelum kemudian diputuskan anggaran untuk pengadaan dump truck dikurangi. Anggaran tersebut dikurangi guna dialokasikan untuk membeli truk compactor.

Asumsinya, selain mengikuti perkembangan zaman, hal itu juga dimaksudkan agar Pemprov DKI tidak lagi dikeluhkan dengan jalanan kotor akibat truk sampah yang meneteskan air leachate atau cairan sampah.

"Jadi (truk) compactor 91 unit dengan nilai Rp 136 miliar dan dump truk 88 unit Rp 61,6 miliar, kita sepakati masuk KUA-PPAS," kata Triwisaksana di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Jumat (20/11/2015).

Keputusan langsung diamini oleh anggota DPRD dan Kepala Dinas Kebersihan Isnawa Aji yang mewakili Pemprov DKI.

"Dalam pembahasan bersama Banggar DPRD DKI tadi terjadi perubahan agar memperbanyak aloka‎si anggaran compactor. Kita sudah hitung dan rubah beberapa mata anggaran pengadaan dump truk ke compactor," papar Isnawa.

Dari perhitungan tersebut, kata dia, alokasi belanja dump truk dikurangi dari semula 286 unit dengan nilai Rp197,3 miliar menjadi 88 unit senilai Rp 61,6 miliar.

Dalam hitung-hitungan tersebut, belanja truk compactor ditambah dari 12 unit menjadi 91 unit dengan nilai anggaran Rp136 miliar.

"Kita nanti belanjanya pakai e-katalog. Kita nggak berani kalau nggak pakai e-katalog," kata Isnawa.

Menurut dia, penggunaan truk compactor memang lebih baik ketimbang dump truk. Armada tersebut dinilai lebih ramah lingkungan karena desain dengan bak tertutup sehingga tidak menebar bau saat melalui jalanan di Ibu Kota. (mnx)

tag: #dki-jakarta  #dprd-dki  #sampah-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...