Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 05 Nov 2014 - 17:48:05 WIB
Bagikan Berita ini :
Pilih-pilih Jaksa Agung

Hendardi Ragukan Nyali Jokowi

56Kejaksaan.jpg
ruang pengaduan (Sumber foto : dok/TeropongSenayan)

JAKARTA - Ketua Setara Institute, Hendardi, mendesak Presiden RI, Jokowi untuk mengangkat Jaksa Agung (Jakgung) yang bersih dan mempunyai nyali, terutama dalam penyelesaian masalah hak asasi manusia (HAM) masa lalu.

"Jokowi-JK berjanji, pada masa pemerintahannya, pelanggar HAM berat akan diadili. Karena itu pejabat Jaksa Agung harus independen tanpa mudah diintervensi," kata dia di Jakarta, Rabu (05/11/2014).

Oleh karena itu, lanjut Hendardi, Jaksa Agung yang dipilih harus mempunyai latar belakang yang jelas dan berintegritas.

Namun Hendardi mengaku agak kecewa saat melihat sejumlah calon jaksa agung yang beredar di sejumlah media massa. "Apalagi lima calon itu dinilai jauh dari harapan publik untuk penyelesaian kasus HAM," tuturnya.

Seperti diketahui, dua calon dari internal kejaksaan dipastikan sulit mempunyai nyali menyidik pelanggaran HAM. Karena sistem yang ada di Kejaksaan Agung sulit diubah jika berasal dari dalam.

Sementara tiga calon eksternal, dikenal sebagai orang yang memiliki integritas tinggi pada masalah pemberantasan korupsi.

Karena yang mencalonkan itu dari ketua dan mantan Ketua Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Sedangkan, Ahmad Santosa adalah pejabat UKP4, badan yang dibentuk SBY untuk mempercepat pembangunan. "Kelima calon yang beredar itu sulit dipercaya bisa menyelesaian pelanggaran HAM," pungkasnya. (ec)

tag: #kejaksaan agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...