Bisnis
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 02 Mar 2016 - 15:44:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Connie: Blok Masela Kekayaannya 7 Kali Lebih Besar dari Brunei

41BlokMahakam.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie mengatakan, persoalan Blok Masela harus dilihat secara komprehensif tidak hanya dilihat dengan kacamata Jakarta saja.

Selama ini, lanjut dia, yang selalu dipersoalkan dalam Blok Masela hanya terpaku pada persoalan proyeknya saja tanpa memikirkan aspek lainnya.

"Bicara Blok Masela bukan hanya proyek saja. tapi harus juga memikirkan aspek di sekelilingnya seperti kehidupan manusia dan pertahanan keamanan dan tentu saja persoalan adat juga harusnya dipikirkan," kata dia di Nusantara V DPR RI Jakarta, Rabu (02/03/2016).

Seperti diketahui, lanjut dia, bicara Blok Masela tidak bisa lepas dari salah satu pulau bernama Tanimbar, yakni salah satu pulau yang berada dalam area blok tersebut sekaligus merupakan pintu terdepan kawasan ASEAN bagian selatan, yang langsung berhubungan dengan Australia.

Artinya, paparnya, bicara Blok Masela berarti harus juga memperhatikan soal pertahanan keamanan

"Jangan sampai pulau Tanimbar tidak diperhatikan dari aspek pertahanan kemanannya karena pulau ini pulau terdepan Indonesia yang berhadapan dengan Australia. jarak Tanimbar ke Australia hanya 350 km. Seperti diketahui Australia punya kebijakan Zona Ekonomi Eksklusifnya dimana mereka bisa memantau 1.000 kilometer di luar wilayahnya. Artinya Australia bisa dengan leluasa memasuki wilayah kita yakni Tanimbar, bahkan Australia dalam sehari bisa 19 kali melanggar wilayah udara kita, jadi saya kira skema offshore (di laut) lebih tepat dalam rangka penguatan wilayah kedaulatan kita di samping bicara soal proyek saja," ungkap dia.

Lebih mencengangkan lagi, ungkap Connie, sumber daya alam yang terkandung di pulau tersebut sangat luar biasa dan sudah sepantasnya dijaga dengan kekuatan dan pertahanan militer yang memadai.

"Masela kekayaannya tujuh kali dari Brunei, jadi memang sudah seharusnya dijaga dengan memperkuat armada laut kita," tutup dia.(yn)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement