Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Jumat, 01 Apr 2016 - 17:57:33 WIB
Bagikan Berita ini :

KontraS Sebut Densus 88 Amankan Siyono Tanpa Surat Penangkapan

7Densus_88.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengungkapkan hasil temuannya, diantaranya tidak ada surat penangkapan atau penggeledahan yang dibawa Densus 88 saat mengamankan Siyono.

"Itu hal paling fundamental dan menjadi tanggungjawab kepolisian. Ini bukan upaya tangkap tangan sehingga harus ada surat," ujar Kepala Divisi Pembela Hak Sipil Politik KontraS Putri Kanesia dalam konferensi pers 'Mencari Keadilan untuk Suratmi' di Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Tak hanya itu, lanjut Putri, pihak kepolisian juga tidak memberitahu keluarga kemana Siyono akan dibawa usai ditangkap. Keluarga hanya tahu Siyono dikembalikan saat dalam kondisi meninggal dunia.

Putri mengatakan banyak luka pada tubuh Siyono, yakni luka memar di pipi, mata kanan lebam, patah tulang hidung, kaki (mulai dari paha hingga betis) bengkak, kuku hampir patah, dan keluar darah dari kepala. Hal ini perlu ditindaklanjuti, terutama penyebab sebenarnya kematian Siyono yang selama ini baru berstatus sebagai terduga teroris.

Asas praduga tak bersalah harus berlaku pada setiap warga negara Indonesia (WNI).

"Siapa pun dia, baru terduga atau tidak, berhak diperlakukan secara wajar," kata Putri.

Kepolisian sempat menyatakan Siyono hendak berusaha melarikan diri. Menanggapi ini, Putri pun meminta kepolisian kembali melihat prosedur penanganan terduga terorisme.

Mengenai tudingan Siyono menyerang satu orang aparat yang mendampinginya, ia mengungkapkan, itu tak masuk akal.

"Bagaimana mungkin terduga teroris hanya dijaga satu orang dan akhirnya justru berakibat buruk pada Siyono," kata dia.(yn)

tag: #densus-88  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement