TSGaleri
Oleh Bani Saksono pada hari Rabu, 06 Apr 2016 - 06:25:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Gaya Hidup Baru, Komunitas Pencinta Hewan

76PET EXPO 2015.jpg
Suasana penyelenggaraan Indo Pet Expo 2015. (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ini dia salah satu gaya hidup baru kelompok masyarakat menengah di Indonesia. Yaitu, bermunculan kelompok hobi, termasuk kelompok atau komunitas pecinta hewan peliharaan.

“Komunitas - komunitas pecinta hewan peliharaan, baik sebagai hobi, sebagai hewan pendamping serta untuk tujuan bisnis tumbuh dan tersebar di berbagai tempat,” kata Direktur Temali Didit Siswodwiatmoko, di Jakarta, Selasa (5/4/2016). Menurut dia, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah hewan peliharaan yang cukup tinggi. Pangsa pasar hewan peliharaan di Indonesia mencapai 15,6% di Asia Tenggara.

“Meningkatnya jumlah hewan peliharaan ini mendorong pengembangan layanan profesional, meningkatnya permintaan kebutuhan hewan peliharaan serta industri dan bisnis yang terkait di dalamnya,” tutur Didit saat jumpa pers rencana diadakannya the 2nd Indonesia Pet Expo (Indo Pet Expo 2016) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan pada 23 - 25 September 2016.

Didit mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia terus melaju yang ditandai dengan menguatnya pendapatan per kapita masyarakat dari US$ 3.181 tahun 2010 menjadi US$ 3.533 pada 2014. Indonesia dinilai sebagai pasar potensial terhadap pertumbuhan sektor hewan peliharaan. Pertumbuhan hewan peliharaan di Indonesia diperkirakan akan mencapai 7,1% hingga 2020.

Data menunjukkan pangsa makanan hewan peliharaan berdasarkan jenisnya, yaitu makanan anjing (dog food) 51,8%, makanan kucing (cat food) 20,2%, produk terkait hewan peliharaan (pet products) 16,9%, dan produk lainnya (others) 11,1%.

Produk internasional menguasai pangsa pasar makanan hewan peliharaan hingga 95% sedangkan produk lokal hanya 5%. Ini peluang besar hadirnya industri makanan hewan peliharaan dalam negeri.

Didi menambahkan, The 1st Indo Pet Expo 2015, berhasil diselenggarakan dengan sukses. Sambutan masyarakat sangat antusias. Tercatat pengunjung pameran di atas 16.000 orang atau 125% dari target yang ditetapkan. “Ditargetkan, pada Indo Pet Expo 2016 target jumlah pengunjung hingga 25.000 orang,” tutur Didit.

Rencananya, Indo Pet Expo 2016 memberikan kesempatan pertukaran informasi antara pecinta hewan peliharaan, membuka kesempatan pengusaha atau pebisnis menampilkan produk dan memperkenalkan produknya terhadap para pecinta hewan peliharaan dan memberi akses lansung pengusaha kepada puluhan ribu pelanggan potensial.

Pada Indo Pet Expo 2016 dilaksanakan dengan sejumlah agenda acara antara lain, awareness &educational talkshow, scientific conference, pet show & contest, dan atraksi aneka hewan koleksi komunitas pencinta hewan. (b)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSGaleri Lainnya
TSGaleri

Wakil Presiden Jusuf Kalla Kunjungi Lokasi Banjir Bima, NTB

Oleh M Anwar
pada hari Rabu, 28 Des 2016
BIMA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rabu (28/12/2016) mengunjungi Kota dan Kabupaten Bima, NTB untuk melihat dari dekat lokasi korban banjir. Saat tiba Wapres disambut Wakil Ketua DPR ...
TSGaleri

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah Memimpin Delegasi ke Belgia

KUNJUNGAN KERJA DPR KE BELGIA--Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memimpin rombongan DPR melakukan kunjungan kerja ke Belgia. Pada kegiatan itu rombongan antara lain bertemu dengan General Manager ...