Berita
Oleh Agus Eko Cahyono pada hari Jumat, 28 Nov 2014 - 18:19:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Pasek : Bali Gagal Cegah Alih Fungsi Lahan Pertanian

97Proglenas 007.jpg
Diskusi "Penyusunan Prolegnas dan RUU Usulan DPD RI" (Sumber foto : Mulkan Salmun)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah Provinsi Bali dinilai gagal melaksanakan moratorium alih fungsi lahan pertanian produktif.
Akibatnya, areal pertanian di provinsi itu semakin menyusut. "Moratorium alih fungsi lahan di Bali itu gagal terus. Karena setiap lima tahun sekali kepala daerahnya ganti. Para bupati dan walikota punya alasan masing-masing untuk melakukan alih fungsi," kata anggota DPD RI Gede Pasek Suardika kepada TeropongSenayan dalam diskusi 'Penyusunan Prolegnas dan RUU Usulan DPD RI di Bogor, Jumat (28/11/2014).

Kegagalan moratorium tersebut, lanjut mantan Wakil Ketua Komisi III DPR, membuat kemampuan Bali terus menurun dalam penyediaan bahan pangan untuk masyarakatnya. Lebih jauh Pasek mengaku kondisi pertanian di Bali saat ini cukup memprihatinkan. "Kondisinya sudah bergeser drastis. Lahan berubah fungsi menjadi sarana pariwisata. Akibatnya, pertanian di Bali sekarang dalam kondisi sulit," ucap mantan kader Partai Demokrat.

Pasek mendesak perlu kebijakan moratorium diserahkan Pemerintah Provinsi saja. Dengan begitu tidak terjadi lagi alih fungsi lahan di daerah yang sangat terkenal sektor pariwisatanya itu. "Gubernur dan bupati itu harus satu kesatuan. Sehingga dalam pengambilan keputusan satu suara dan tidak ada lagi izin alih fungsi lahan itu," pungkasnya. (ec)

tag: #Farouk  #Gede Pasek dan Benny Ramdhani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sudah Sejauh Mana Kasus Dugaan Korupsi Di Telkomsigma?

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kasus dugaan korupsi proyek fiktif di anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma periode 2017 - 2022 hingga kini belum ada kemajuan ...
Berita

UMKM Nahdliyin Berharap Afriansyah Terpilih Kembali Menjadi Menteri

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum DPP Peran UMKM Indonesia (UMKM Nahdliyin) K.H M. Endy S Lesmana mengapresiasi dan memberi penghargaan setinggi-tingginya atas kinerja Wakil Menteri Tenaga ...