Berita
Oleh pamudji pada hari Jumat, 22 Apr 2016 - 09:02:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Frans Magnis Suseno : Penggusuran Adalah Kejahatan di Kota Beradab

2romomagnis.jpg
Cendekiawan Frans Magnis Suseno (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Cendekiawan Frans Magnis Suseno geram terhadap aksi penggusuran perkampungan miskin oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

"Penggusuran merupakan sebuah kejahatan yang tidak pantas dilakukan di kota orang beradab. Rasanya malu menjadi warga kota seperti itu," tegas Romo Magnis (sapaan akrab Frans Magnis Suseno), dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Menurut Romo Magnis, kemiskinan dan orang-orang miskin menjadi hal yang terabaikan dalam realitas hidup di Jakarta. Kota metropolitan ini, terlalu sibuk mengeluarkan miliaran rupiah untuk pelbagai hiasan dan ribuan penduduknya mengendarai mobil-mobil yang harganya bisa puluhan kali pendapatan tahunan sebagian penduduk lain.

Di tengah realitas hidup tersebut, Romo Magnis merasa tesentak ketika pemimpin Jakarta, dengan ringannya menggusur perkampungan miskin. "Orang-orang yang hampir tidak memiliki apa pun dari sedikit yang mereka punyai, justru diusir dan digusur, " keluhnya.

Romo Magnis mangajak warga Jakarta untuk bersimpati dan tidak menutup mata terhadap tindakan sewenang-wenang pemimpin Ibukota. "Tentu para politisi, para pemimpin, hanya berani berbuat sebrutal itu karena kita menutup mata, karena mereka tahu bahwa kita diam tidak keberatan," tegasnya.

Dalam pernyataannya, Romo Magnis menekankan dua kali, agar warga Jakarta lebih peduli kepada nasib warga perkampungan miskin. Dia memperikirakan, aksi penggusuran oleh Pemprov DKI Jakarta yang diperintahkan oleh Ahok, akan terus terjadi jika warga Jakarta membiarkannya .

"Jadi, bukan hanya pimpinan pemerintahan DKI yang kurang berperikemanusiaan, semua warga DKI yang mapan, yang dengan diamnya memberi sinyal bahwa mereka tidak keberatan, berpartisipasi dalam kebiadaban itu," ujar Romo Magnis. (plt)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...