Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 03 Des 2014 - 11:02:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Presiden Jokowi Jangan Bergaya Walikota

76tolak bbm.jpg
Salah satu aksi penolakan kenaikan harga BBM (Sumber foto : Eko Hilman)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Sebagai seorang Presiden, Joko Widodo harus membiasakan diri dengan sikap bijaksana bukan mentang-mentang di luar urusannya lalu melempar tanggung jawab ke bawahannya. Pernyataannya tentang dirinya tidak ada urusan dengan tewasnya seorang mahasiswa di Makasar ketika demo menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), menunjukkan bukti sifat empaty presiden yang masih tipis.

"Kata-kata, itu bukan urusan saya, mestinya tidak harus keluar dari mulut seorang presiden yang jadi pemimpin besar di negeri ini," kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Gedung DPR, Rabu (3/12).

Fahri mengatakan hal itu terkait tewasnya seorang mahasiswa M. Arif, pada saat demonstrasi menolak kenaikan harga BBM di Makasar. Setelah aksi demo yang menewaskan Arif itu, presiden ditanya wartawan dan mengatakan bahwa soal itu bukan urusan dirinya tetapi urusan olisi.

Sebagai seorang presiden, lanjut Fachri, harus sigap dan menunjukkan kepeduliannya kepada rakyatnya sekalipun itu hanya satu orang dan mendemo kebijakannya. Apalagi, meninggalnya salah satu mahasiswa tersebut ditengarai karena kelalaian dan sikap represif aparat kepolisian dalam menghadapi demonstran."Jadi, tidak satupun nyawa rakyat Indonesia yang bukan menjadi tanggung jawab presiden sehingga jangan seenaknya dia berkomentar," imbuhnya.

Mungkin sikap itu, kata politisi PKS ini, sangat wajar jika dia masih menjabat sebaga Walikota Solo. Karena polisi memang bukan aparat walikota. "Itu masih bisa dibenarkan kalau dia bilang 'itu bukan tanggung jawab saya,' tapi kalo sebagai presiden tentu tidak boleh, karena dia bukan pemimpin yang sifatnya sporadis melainkan pemimpin rakyat NKRI, sehingga presiden harus gunakan gaya presiden bukan gaya walikota," sebutnya.(ss)

tag: #Aksi tolak  #BBM  #naik  #HI  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Gerindra Buka Suara Soal Susunan Kabinet Prabowo Beredar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Partai Gerindra buka suara, terkait beredarnya susunan kabinet Presiden-Wakil Presiden Periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuking Raka di masyarakat. Ketua ...
Berita

Kredit UMKM Bank DKI Tumbuh 39,18%

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI terus fokus tingkatkan portofolio UMKM sesuai dengan visi dan misi bank. Sampai dengan Q1 2024, kredit dan pembiayaan UMKM  naik 39,18% dari Rp3,8 triliun ...