Berita
Oleh Syamsul Bahtiar pada hari Kamis, 04 Des 2014 - 10:05:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Kementerian PDT Mau Jadi Penyalur CSR 17 BUMN

67marwan.JPG
Menteri PDT Marwan Djafar (Sumber foto : Syamsul Bahtiar)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Menteri Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi Marwan Djafar meminta Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mendorong peningkatan alokasi dana transfer ke daerah untuk dana desa dan dana alokasi khusus daerah tertinggal.

Saat ini kementeriannya sedang mempersiapkan program "Gerakan Desa Mandiri" di 5.000 desa pada tahun 2015 serta pendampingan 5.000 desa mandiri. "Sumber dana dari program tersebut berasal dari APBN serta CSR (corporate social responsibility) dan yang melibatkan 17 kementerian," katanya, kepada TeropongSenayan. Pernyataan itu sebelumnya juga diungkapkan Marwan saat rapat dengar pendapat dengan Komite I DPD, Rabu (3/12).

Marwan menambahkan, dalam bidang kemandirian ekonomi, kementerian PDT dan Transmigrasi akan menyalurkan modal bagi UMKM di 5.000 desa, revitalisasi pasar tradisional di 5000 desa dan membangun infrakstruktur jalan pendukung pengembangan produk unggulan di 5.000 desa mandiri.

Selain itu juga pembukaan 1 juta Ha lahan pertanian kering di luar Jawa dan Bali serta pembangunan terminal/pelabuhan baru untuk bongkar muat dikabupaten pulau terluar dan terpencil. "Ini merupakan arah kebijakan guna merealisasikan visi-misi presiden, yang terangkum dalam 9 agenda strategis prioritas," ujarnya.

Menteri dari PKB itu juga ingin membangun fasilitas kesehatan sesuai standar pelayanan minimum di masing-masing daerah. Selain itu juga pemenuhan strukur dokter dan tenaga medis di desa-desa. "Kita juga merencanakan pencanangan 1.000 desa agraris berdaulat benih, serta program kawasan berupa pengembangan 20 kawasan perkotaan baru (KPB)," katanya.(ss/b)

tag: #Program PDT  #Marwan  #CSR  #17 BUMN  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...