Berita
Oleh Atto Kuat pada hari Senin, 16 Mei 2016 - 22:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

BNNK Sukabumi Selidiki Tanaman Catnip Pengganti Ganja

2catnip.jpg
Tanaman Catnip (Sumber foto : Istimewa)

SUKABUMI (TEROPONGSENAYAN) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sukabumi (BNNK) Sukabumi, Jawa Barat, menyelidiki dugaan penyalahgunaan tanaman Catnip atau Nepeta cataria oleh warga di wilayah hukumnya.

"Tanaman ini awalnya digunakan untuk membuat kucing terdiam, tetapi informasinya Catnip juga disalahgunakan oleh pecandu narkoba untuk atau oknum warga untuk digunakan sebagai tanaman pengganti ganja," kata Kepala BNNK Sukabumi, Yus Danial di Sukabumi, Senin (16/5/2016)

Menurutnya, efek tanaman ini kepada tubuh si pengguna hampir sama dengan efek mengisap ganja yang bertujuan untuk relaksasi atau lebih dikenal "fly". Bahkan, informasinya tanaman yang digunakan untuk kucing ini bisa membuat si penggunanya berhalusinasi.

Bahkan produk Catnip dapat diperoleh dengan bebas di media online yang berbentuk makanan ringan untk kucing, tetapi sayangnya tanaman ini disalahgunakan oleh manusia.

"Sejauh ini kami masih melakukan pencarian Catnip untuk dikirim ke laboratorium BNN terkait adanya penyalahgunaan tersebut, karena dalam tanaman itu juga terkandung senyawa Nepetalactone yang bisa membuat halusinasi," tambahnya.

Sementara, salah seorang penjual tanaman di Sukabumi, Aceng mengatakan Catnip merupakan salah satu tanaman liar yang sekarang sudah mempunyai nilai jual.

Namun untuk di Sukabumi, tanaman ini masih jarang yang menjual, karena belum banyak yang mengetahui tentang tanaman tersebut.

"Tanaman ini masuk ke dalam katergori tanaman herbal dan hanya satu atau dua orang saja yang menanyakan ke kami," katanya.

Ia pun sempat menjual Catnip setinggi 50 cm, tetapi minim pembeli dan masih banyak ditemukan di alam liar. (icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

1.262 Siswa dan Pengajar Secapa AD Terinfeksi Covid-19, Warga Sekitar Malah Takut Dites

Oleh Rihad
pada hari Jumat, 10 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)  - Sebanyak 1.262 siswa dan pengajar terinfeksi Covid-19 di Secapa AD, Bandung, Jabar. Namun hanya 17 orang yang dirawat di RS Cimahi. Sisanya, tanpa gejala atau gejala ...
Berita

Dirotasi PDIP, Ini Rekam Jejak Rieke Diah Pitaloka Mengawal RUU HIP dan Ciptaker di DPR

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Fraksi PDI Perjuangan DPR RI merotasi Rieke Diah Pitaloka sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg). PDIP memilih M Nurdin yang merupakan mantan jenderal polisi bintang ...